DO YOU KNOW: Mengerikan! Ada Puluhan Ribu Kuman Bersarang di Smartphone

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 05:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 13 56 1813503 do-you-know-mengerikan-ada-puluhan-ribu-kuman-bersarang-di-smartphone-z59IcugmGB.jpg (Foto: Huffington Post)

JAKARTA - Smartphone merupakan benda di zaman ini yang sering dipegang oleh pengguna. Hampir setiap hari bahkan setiap jam atau lebih daripada itu, smatphone menjadi benda kesayangan yang selalu menemani pengguna di manapun berada.

Sebuah riset yang pernah diungkap oleh Usatoday menunjukkan bahwa telefon seluler atau ponsel lebih kotor dari perkiraan orang. Sementara penelitian yang dilaporkan Dailymail menyebutkan bahwa lebih banyak bakteri di ponsel dibandingkan bakteri yang ada di toilet.

Diambil dari berbagai sumber, diperkirakan terdapat 25.107 kuman yang bersarang di setiap inci persegi permukaan smartphone. Jumlah kuman tersebut lebih besar ketimbang 1.201 kuman yang ada di kursi kloset duduk per inci perseginya.

Baca juga: Tips Cerdik Bersihkan File Sampah di Android

Sementara itu, lantai dapur yang biasanya ada bekas makanan, hanya memiliki 1.736 kuman tiap inci persegi. Sedangkan di piring makanan hewan, hanya ada 2.110 kuman.

Untuk itu, pengguna perlu mewaspadai handset yang mereka miliki sendiri. Dengan memerhatikan kebersihan perangkat, maka mencegah penyakit yang mungkin timbul dari benda yang biasa dipegang sehari-hari tersebut.

Baca juga: Tips Merawat Kamera Smartphone Android

Terutama bagian layar, membersihkan layar tidak sembarangan. Pengguna bisa memakai kain microfiber yang memiliki tekstur yang lembut. Ketika membersihkan bisa dilakukan dengan cara memutar serta memberikan tekanan pada noda yang membandel.

Selain pada layar, pengguna juga perlu memberihkan bagian bodi ponsel. Untuk membersihkannya, pengguna juga bisa memanfaatkan kain microfiber untuk menyapu kotoran yang menempel pada bodi ponsel.

Bagian lain yang perlu diperhatikan ialah lubang audio, charging atau mikrofon dan speaker. Pakailah cotton buds atau kapas untuk membersihkan debu yang ada pada lubang.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini