Duh! Fitur Face ID iPhone X Bisa Dibobol Pakai Topeng

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 13 November 2017, 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 13 57 1813319 duh-fitur-face-id-iphone-x-bisa-dibobol-pakai-topeng-VmJ48uuMvW.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA - Apple boleh sesumbar bahwa teknologi pemindaian wajah melalui sensor 3D diklaim cukup aman. Tapi fitur bernama Face ID di iPhone X itu ternyata bisa dibobol oleh pakar keamanan.

Pada Jumat 10 November 2017, perusahaan peneliti keamanan di Vietnam Bkav melakukan percobaan yang menguji tingkat keamanannya. Melalui sebuah video, mereka mendemonstrasikan bagaimana membobol Face ID.

Untuk membobol sistem Face ID Bkav menggunakan topeng 2D dan 3D yang menggunakan komponen plastik, hidung silikon, riasan wajah dan bahan lainnya. Biaya untuk membuat topeng itu diperkirakan mencapai USD150.

"Sangat sulit untuk membuat topeng yang tepat tanpa memiliki pemahaman soal keamanan. Kami bisa membobol keamanan AI Apple karena kami memahami bagaimana AI mereka bekerja dan melewatinya," ungkap peneliti Bkav, dikutip dari IB Times, Senin (13/11/2017).

Begitu mendapatkan iPhone X pada 5 November, para peneliti segera membuat topeng tersebut. Tentunya topeng itu dibuat semirip mungkin dengan struktur dan bentuk wajah pengguna iPhone X.

Saat dilakukan uji coba, topeng itu ternyata bisa membuka kunci keamanan iPhone X. Sayangnya, Bkav tak menjelaskan secara teknis bagaimana topeng itu bisa membobol kunci iPhone X.

Mereka juga mengatakan, dengan proses pembobolan yang cukup memakan waktu (karena harus membuat topeng yang mirip), cara ini dikatakan hanya menargetkan pada iPhone X milik miliuner atau pemimpin perusahaan.

" Target potensial tidak akan menjadi pengguna reguler, namun milyarder, pemimpin perusahaan besar, pemimpin negara, dan agen seperti FBI perlu memahami masalah ID Wajah," kata periset perusahaan tersebut.

​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini