Daftar Penemu Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 14 November 2017 10:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 56 1813647 daftar-penemu-paling-berpengaruh-di-dunia-siapa-saja-xTPZSMMUhV.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Para penemu mencurahkan pikiran dan waktunya demi sebuah karya inovasi yang berguna bagi masyarakat dunia. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini daftar nama-nama penemu paling berpengaruh di dunia.

Nikola Tesla

Nikola Tesla berhasil dalam pengembangan sistem listrik arus bolak balik (AC) dan medan magnet berputar (dasar dari mesin AC bolak-balik). Listrik arus bolak balik lebih banyak digunakan untuk kepentingan sehari-hari seperti untuk penerangan di rumah maupun di jalan, pasokan listrik di perusahan, dan keperluan listrik lainnya.

Ia lahir pada 10 Juli 1856 di Smiljan yang sekarang dikenal sebagai Kroasia dan merupakan anak ke-4 dari 5 bersaudara. Minat Tesla terhadap penemuan listrik dipacu oleh ibunya, Djuka Mandic, yang merupakan penemu peralatan rumah tangga kecil di waktu senggangnya.

Isaac Newton

FIsikawan Isaac Newton menuliskan buku Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica yang diterbitkan pada 1687. Buku itu dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. Buku tersebut meletakkan dasar-dasar mekanika klasik.

Dalam karyanya ini, Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Newton berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama.

Dalam bidang mekanika, Newton mencetuskan adanya prinsip kekekalan momentum dan momentum sudut. Dalam bidang optika, ia berhasil membangun teleskop refleksi yang pertama dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi warna-warna lainnya.

James Watt

James watt merupakan penemu mesin uap. Bisa dikatakan bahwa peningkatan gas CO2 di udara dari hasil industri yang berasal dari awal temuan mesin uapnya. Meskipun demikian, temuannya telah mengubah industri dunia dan menjadikannya bapak revolusi industri.

Temuan ide mesin uap muncul ketika ia diberikan sebuah model mesin dari universitas yang dimaksudkan untuk diperbaiki. Setelah diperbaiki, mesin itu tidak bekerja secara efisien, di mana energi panas yang dihasilkan mesin itu tidak menjadi energi mekanikal sepenuhnya, tetapi sebagian dari tenaga panas itu masuk ke dalam sirkulasi air dingin.

Melalui mesin uap buatan James Watt, ia menjadi seorang yang kaya raya. Di masa pensiunnya pada usia 64 tahun, ia terus melakukan berbagai macam penemuan lainnya seperti mesin fotokopi, mesin berputar, serta indikator tekanan uap.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini