Wih... Hiu di Greenland Jadi yang Tertua Berumur 400 Tahun

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 14 56 1814152 wih-hiu-di-greenland-jadi-yang-tertua-berumur-400-tahun-kNLecCSW0D.jpg (Foto: BBC)

JAKARTA - Dari sekian banyaknya hewan di muka Bumi ini, beberapa di antaranya memiliki usia hidup yang cukup lama. Kura-kura misalnya, kebanyakan memiliki umur rata-rata hingga 100 tahun.

Tapi berdasarkan penemuan pada 2016, tim peneliti menemukan ada hiu yang mencapai 400 tahun. Hiu itu ditemukan di laut Greenland dan berjenis kelamin betina.

Menurut tim yang meneliti hewan tersebut, hiu ini tumbuh hanya 1 cm per tahunnya. Tak hanya itu hiu ini juga mencapai tahap kematangan reproduksi di uisa 150 tahun.

Baca juga: Ini Astronot Termuda yang Pergi ke Luar Angkasa, Siapa Dia?

Julius Nielsen, seorang ahli biologi kelautan dari Universitas Kopenhagen, mengaku terkejut dengan penemuan hiu tertua tersebut. Sebelumnya, rekor hiu tertua hanya selama 211 tahun.

"Kami memiliki harapan bahwa kita berurusan dengan hewan yang tidak biasa, tapi saya pikir semua orang yang melakukan penelitian ini sangat terkejut mengetahui bahwa hiu setua mereka," ungkapnya dikutip dari BBC.

Hiu Greenland adalah binatang besar, yang bisa tumbuh hingga 5 meter. Mereka dapat ditemukan, berenang perlahan, melintasi perairan dingin Atlantik yang dingin.

Tim peneliti mengamati 28 hiu yang sebagian besar telah meninggal dunia setelah tertangkap jaring ikan sebagai hasil tangkapan.

Baca juga: Wow! Kapal Tertua di Dunia Diperkirakan Berusia 4.000 Tahun

Karena penanggalan radiokarbon tidak menghasilkan tanggal yang pasti, mereka percaya bahwa hiu muda berusia 272 atau dan yang tertua 512 tahun. Tapi kemungkinan besar usia hiu tersebut di kisaran 400 tahun.

Ini berarti hiu tersebut lahir antara tahun 1501 dan 1744, namun kemungkinan tanggal kelahirannya yang paling besar terjadi pada abad ke-17.

"Bagian terendah dari ketidakpastian ini 272 tahun, bahkan jika itu adalah usia maksimal, tetap harus dianggap sebagai vertebrata tertua," ungkap Nielsen.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini