Tampilkan Prakiraan Cuaca, Aplikasi BMKG Nongol di Android & iOS

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 14:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 207 1814447 tampilkan-prakiraan-cuaca-aplikasi-bmkg-nongol-di-android-ios-ungaV8oSJi.jpg (Foto: BMKG)

JAKARTA - Mengetahui prakiraan cuaca kini bisa dipantau melalui perangkat mobile. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyediakan aplikasi Info BMKG yang bisa diunduh untuk pemilik perangkat Android dan iOS.

Dari keterangan yang diungkap situs BMKG, aplikasi juga menyuguhkan informasi mengenai Prakiraan Cuaca, Iklim, Kualitas Udara, dan Gempa Bumi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga: Cek Cuaca dengan Aplikasi Mobile Berikut Ini

Selain itu, fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Info BMKG meliputi prakiraan cuaca berdasarkan lokasi, prakiraan cuaca dalam 3 hari di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Aplikasi juga menampilkan informasi kualitas udara di beberapa kota, informasi cuaca maritim di seluruh wilayah Indonesia serta notifikasi Gempa Bumi hingga peringatan dini cuaca.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan, diperkirakan dalam beberapa hari ke depan masih terdapat peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga: Ya Ampun! Aplikasi Peramal Cuaca Ini Ternyata Bagikan Data Pengguna

Potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang itu meliputi wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Wilayah lainnya termasuk juga Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua dan Papua barat.

Baca juga: Antisipasi Hujan, Gunakan Deretan Aplikasi Cuaca Ini

"Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin," kata Mulyono.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini