Teknologi Inverter Bikin Perangkat AC Hemat Energi, Kok Bisa?

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 14:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 207 1814463 teknologi-inverter-bikin-perangkat-ac-hemat-energi-kok-bisa-5qlD3VCmYz.jpg (Foto: LG)

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia memperluas penggunaan teknologi inverter pada berbagai produknya. Tak hanya pada produk elektronik konsumer, komitmen pada penggunaan teknologi yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi juga merambah perangkat AC.

Perusahaan mengungkap Multi V 5 VRF (Variable Refrigerant Flow) sebagai solusi pendingin ruangan bagi gedung yang diklaim lebih hemat energi dengan penggunaan kompresor inverter.

Baca juga: Mengintip Teknologi Inverter Linear di Kulkas LG

“Kehadiran Multi V 5 menjadi wujud bagian filosofi perusahaan yaitu inovasi untuk kehidupan lebih baik. Lebih dari sekadar pengaplikasian teknologi inverter, pendingin ruangan skala gedung ini menjadi cerminan keberhasilan inovasi kami membawa teknologi inverter pada tingkatan lebih tinggi,” tutur Dae Hyun Kim, Air Conditioning Business Leader PT LG Electronics Indonesia saat mengenalkan produk AC komersial terbaru tersebut di Jakarta.

Pernyataan ini merujuk pada berbagai inovasi yang terbenam dalam Multi V 5 VRF. Menjadi generasi kelima dan terkini dari solusi pendingin ruangan skala gedung, menurut Dae Hyun Kim, pengembangan Multi V 5 VRF terfokus pada dua faktor utama. Pertama, penggunaan energi lebih efisien dan kenyamanan penggunaan.

Baca juga: Kuasai Pasar AC Inverter di Indonesia, LG Berikan yang Terbaik bagi Konsumen

"Kedua fokus inilah yang kemudian mewarnai empat fitur utamanya, yaitu Dual Sensing Control, Ultimate Inverter Compressor, Ocean Black Fin, dan Continuous Heating. Perangkat AC ini bisa menekan penggunaan listrik 21% dibandingkan perangkat konvensional," katanya.

Diketahui, satu modul Multi V 5 VRF berkapasitas hingga 26 PK. Sehingga bisa digunakan oleh banyak perangkat indoor dengan satu pipa saluran saja. Karena itu, perangkat ini cocok digunakan pada kantor, restoran, hotel, bahkan hunian sekalipun.

Baca juga: LG Garap Perangkat Elektronik Berteknologi Inverter

Terkait masalah keamanan, Rana Yusuf Nasir, Core Founder Green Building Council Indonesia mengatakan, Multi V 5 VRF sangat aman digunakan konsumen. Jika ada yang khawatir bocor pada salah satu perangkat indoor sehingga timbul keracunan pada penggunanya, dia menyangkalnya.

"Tidak benar anggapan itu, karena refrigerator concentration limit pada perangkat VRF masuk dalam standar A1 atau non-toksin. Jadi kekhawatiran itu salah," ujarnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini