OKEZONE INNOVATION: Menilik Sejarah Blogger, Layanan Penghasil Duit Ciptaan Pendiri Twitter

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 20:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 207 1814660 okezone-innovation-menilik-sejarah-blogger-layanan-penghasil-duit-ciptaan-pendiri-twitter-9BBNNb8yNH.jpg (Foto: Tech Crunch)

JAKARTA - Blogger atau yang dikenal sebagai blogspot adalah layanan penerbitan online yang dikembangkan oleh Pyra Labs. Blogger memiliki domain dengan alat .blogspot.com.

Layanan ini diluncurkan pada 23 Agustus 1999 oleh Pyra Labs yang didirikan oleh Evan Williams, co-founder dari Twitter. Awalnya Blogger menggratiskan layanannya kepada pengguna. Namun karena krisis keuangan yang dihadapi, ia terpaksa meminta sumbangan.

Beruntung, Blogger mendapatkan dukungan dari Trellix dan Evan berhasil memulihkan kondisi keuangan perusahaan. Di saat kesehatan perusahaan sudah kembali normal, Pyra Labs dijual ke Google pada 2003.

Baca juga: Perkembangan Port USB dari Masa ke Masa, Nih Penjelasannya!

Dari situ lah Blogger mendapatkan kesuksesan hingga banyak digunakan oleh netizen di seluruh dunia. Tapi, Evan William tampaknya tak ingin berlama-lama berada di bawah kontrol Google. Pada 2004 ia resmi meninggalkan perusahaan raksasa teknologi tersebut.

Setelah dibeli Google, Blogger melakukan perombakan desain pada 2006. Semua blog yang terkait dengan akun Google dipindahkan ke server perusahaan induk.

Setelah itu, Blogger memperkenalkan beragam fitur baru seperti label, antarmuka template, umpan Web baru, izin baca, dan lainnya.

Namun salah satu upaya Google yang cukup menarik pengguna Blogger adalah adanya Google AdSense. Google yang saat itu masih dipimpin oleh Erick Schmidt, menghadirkan AdSense sebulan setelah melakukan akuisisi Pyra Labs.

Untuk mendukung layanan itu, Google juga turut mengakuisisi perusahaan Applied Semantics yang mendukung AdSense.

Baca juga: Ketahui! Ini Sejarah Facebook yang Dulunya Situs "Panas"

Awalnya AdSense hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand.

Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content.

Dengan layanan AdSense pemilik Blog di domain blogspot dan lainnya, bisa mendapatkan pundi-pundi uang lewat iklan yang tampil. Tak heran jika menjadi seorang blogger juga bisa memiliki penghasilan cukup menggiurkan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini