Wih! 60 Juta Pelanggan Prabayar Sudah Registrasi SIM Card

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 14:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 54 1814436 wih-60-juta-pelanggan-prabayar-sudah-registrasi-sim-card-U5gtx3cOiJ.jpeg (Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menerapkan aturan registrasi SIM card bagi pelanggan prabayar per akhir Oktober lalu. Artinya, kebijakan itu telah berlangsung lebih dari dua pekan.

Meski sempat menuai kontroversi terkait keamanan data pelanggan, rupanya kebijakan itu juga disambut baik oleh masyarakat. Bahkan hingga saat ini tercatat 60 juta lebih pelanggan telah melakukan registrasi SIM card.

“Sampai tadi malam pukul 00.00 itu sudah melebihi 60 juta pelanggan yang melakukan registrasi SIM card, hanya dalam waktu setelah kemarin dimulai 31 Oktober ya,” terang Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Melihat hal tersebut menteri yang akrab disapa Chief RA itu menyatakan optimis bahwa kebijakannya akan sukses.

“Jadi insyaallah dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, kami confident ini akan berhasil dengan baik,” ujarnya.

Sebaran SIM card di Indonesia sendiri dijelaskan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M Ramli, mencapai 360 juta SIM. Meski begitu jumlah SIM card tersebut tak semuanya aktif. Ia menyatakan bahwa hanya sekira 290 SIM card yang aktif digunakan oleh pelanggan.

Untuk diketahui, kebijakan registrasi SIM card mengharuskan pelanggan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Hal ini diterapkan demi meningkatkan keamanan pelanggan operator seluler dan meminimalisir penggunaan SIM card. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini