Luar Biasa! NASA Uji Parasut Supersonik untuk Misi Planet Mars

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 16 November 2017 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 15 56 1814648 luar-biasa-nasa-uji-parasut-supersonik-untuk-misi-planet-mars-Imt4iEhhCe.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA – NASA berencana untuk meluncurkan rover (kendaraan eksplorasi luar angkasa) berikutnya pada 2020. Misi ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru terkait planet Mars.

NASA juga kini tengah memastikan bahwa pesawatnya tersebut mampu mendarat dengan mulus di planet merah itu. Sebagai bagian dari upaya itu, NASA telah melakukan kegiatan yang disebut Advanced Supersonic Parachute Inflation Research Experiment (Aspire) pada 4 Oktober, tes pertama parasut khusus yang dikembangkan untuk mendaratkan astronot dengan aman di permukaan Mars.

Untuk mendarat di Mars sendiri dijelaskan NASA tidak begitu mudah. Pesawat ruang angkasa itu akan memasuki atmosfer planet dengan kecepatan melebihi 12.000 mph dan ada kemungkinan kendala. Demi mendaratkannya dengan aman, NASA melakukan serangkaian tes parasut supersonik.

Sebuah video pada pengujian 4 Oktober menunjukkan struktur silinder dengan peluru yang menyangga parasut, mekanisme penyebarannya, dan instrumen kamera diluncurkan pada roket hitam Brant IX yang tingginya 58 kaki.

Video berdurasi dua menit menunjukkan ledakan roket tersebut, sebagai bagian dari pemisahannya dari muatan, dan penyebaran parasut. Parasut dipasang di ketinggian 42 km, dan kecepatannya 1,8 kali kecepatan suara. Pesawat itu kemudian kembali ke Bumi di di Atlantik, sekira 35 menit setelah diluncurkan.

Para periset mencatat pembentangan parasut dengan gerakan lambat dan akan menganalisis data untuk mencari kemungkinan titik kelemahannya.

“Setiap bingkai akan diperiksa secara seksama untuk mencari tanda-tanda kerusakan pada jahitan yang digunakan untuk memegang kanopi bersama-sama," kata Ian Clark, tim uji teknis dari Nasa Jet Propulsion Laboratory di dalam video itu.

“Ini cukup untuk digunakan. Citra inflasi parasut pertama kita hampir sama menakjubkannya karena dipandang secara ilmiah. Untuk pertama kalinya, kita bisa melihat bagaimana rasanya berada di sebuah pesawat ruang angkasa yang meluncur menuju planet merah, membentangkan parasutnya," terangnya.

NASA juga akan melakukan kembali pengujian untuk parasut supersonik yang akan melengkapi pesawat pesawat yang bermisi ke planet Mars itu. Pengujian parasut supersonik selanjutnya dijadwalkan akan berlangsung pada Februari 2018. Demikian seperti dilansir IB Times, Kamis (16/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini