Canggih! Smartphone Ini Andalkan Kecerdasan Buatan untuk Swafoto

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 57 1814668 canggih-smartphone-ini-andalkan-kecerdasan-buatan-untuk-swafoto-1jfH7Q8YiU.jpg (Foto: BGR)

JAKARTA - Kebiasaan swafoto (selfie) tampaknya masih jadi pasar yang menjanjikan untuk pabrikan smartphone seperti OPPO. Perusahaan asal China itu kini punya lini smartphone selfie terbaru.

OPPO F5 resmi diperkenalkan pada Senin, 13 September 2017. Smartphone ini disebut memiliki kecerdasan buatan yang disematkan pada kamera depan 20 megapiksel.

Dengan adanya kecerdasan buatan di kamera depan, OPPO mengatakan smartphone tersebut bisa memindai lebih dari 200 titik pada wajah penggunanya.

Baca juga: OPPO dan Xiaomi Susul Apple Bikin Pemindai Wajah di Smartphone?

Selain itu, teknologi tersebut juga dipakai untuk mendeteksi detail penggunanya seperti warna kulit, jenis kelamin, dan usia. Dengan kemampuan itu, OPPO mengklaim hasil swafoto F5 bisa lebih nyata.

"AI Beauty Recognition Technology akan memastikan bahwa karakter wajah masing-masing subjek dapat ditampilkan dengan baik," kata Alinna Wenxin, Marketing Director OPPO Indonesia, melalui keterangan resminya.

Diakuinya, sebelum OPPO menyematkan kecerdasan buatan sering terjadi kesalahan pengaplikasian fitur beautify seperti tampilan feminin untuk subjek pria, atau foto anak-anak dengan hasil selayaknya orang dewasa.

Dengan kecerdasan buatan, OPPO F5 bisa mengenali keunikan wajah subjek seperti pada bagian hidung, lekuk pipi, dan bentuk dagu. Tujuannya adalah untuk memastikan hasil swafoto sesuai dengan kondisi wajah subjek tanpa terpengaruh ekspresi dan angle foto.

Baca juga: Buntuti Samsung, OPPO Ajukan Paten Smartphone Lipat

Di samping memiliki kecerdasan buatan, OPPO F5 juga memiliki resolusi layar FHD+ yang merupakan pertama di lini smartphone OPPO. Ukuran layarnya sendiri seluas 6 inci (18:9) dan menjalankan Color OS 3.2.

Sedang dari sektor dapur pacu, OPPO F5 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P23 octa-core 2,5 GHz, GPU Mali-G71 MP2, internal memori 32/64 GB, RAM 4/6 GB, microSD 256 GB, dan baterai 32.000 mAh.

Sayangnya OPPO masih belum menyematkan kamera ganda seperti yang diusung oleh kompetitornya, Vivo dan Xiaomi. Di bagian kamera belakang perusahaan ini menyematkan sensor berketajaman 16 megapiksel f/1.8.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini