Lagi! Face ID iPhone X Mampu 'Dibobol' Bocah 10 Tahun

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 23:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 57 1814772 lagi-face-id-iphone-x-mampu-dibobol-bocah-10-tahun-PL3oGbDhXM.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA - Kejadian "pembobolan" keamanan Face ID kembali terjadi. Fitur andalan di iPhone X itu ternyata tak memiliki keamanan yang cukup ketat. Buktinya, bocah berusia 10 tahun mampu mengelabuinya. Bagaimana ceritanya?

Kejadian ini dialami oleh sebuah keluarga di Staten Island, New York, Amerika Serikat. Attaullah Malik dan Sana Sherwani adalah orang tua dari Ammar Malik, anak 10 tahun yang masih kelas 5 SD.

Orang tua Ammar masing-masing memiliki iPhone X yang baru saja dipasangi keamanan pemindaian wajah, Face ID. Sembari sesumbar kepada sang istri, Attaullah mengatakan bahwa smartphone miliknya kini lebih aman.

Baca juga: Duh! Fitur Face ID iPhone X Bisa Dibobol Pakai Topeng

"Tak ada cara kamu mendapatkan akses ke ponsel ini," kata Attaullah dikutip dari Wired, Rabu (15/11/2017). Tapi saat ditunjukkan kepada anaknya, ia cukup terkejut dengan kejadian tersebut.

Ia menyodorokan iPhone X miliknya dan sang istri kepada Ammar. Tanpa mengetahui iPhone X milik siapa yang dipilih, Ammar ternyata berhasil membuka kunci Face ID dengan wajahnya. iPhone X yang ia pilih ternyata milik sang ibu, Sana Sherwani.

Awalnya Attaullah menganggap kejadian ini cukup konyol. Tapi setelah memikirkannya, ia pun sadar bahwa ini adalah masalah yang cukup serius.

Baca juga: Fitur Face ID iPhone X Ditipu Anak Kembar, Kok Bisa?

"Awlanya ini cukup lucu. Tapi setelahnya ini bukan sesuatu yang lucu. Saya dan istri saya kerap berkirim pesan dan mungkin ada sesuatu yang tak ingin kami tunjukkan kepadanya (Ammar)," ungkapnya.

"Kini istri saya harus menghapus pesan saat ada sesuatu yang tak ingin dilihat oleh Ammar," imbuhnya.

Memang, wajah antara anak dan ibu sekilas mirip. Kemungkinan Face ID salah memprediksi struktur wajah Sana Sherwani dan Ammar Malik.​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini