iPhone X Bikin Foxconn Alami Kerugian, Benarkah?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 15 November 2017 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 15 57 1814779 iphone-x-bikin-foxconn-alami-kerugian-benarkah-RB7APSnbbK.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Perusahaan asal Taiwan, Foxconn, mengalami kerugian hingga 39% pada laporan keuntungan per kuartal. Berdasarkan The Wall Street Journal, penurunan itu sebenarnya telah diprediksi tapi hasilnya lebih buruk dari yang diperkirakan.

Foxconn belum pernah mengalami penurunan untung per kuartal sejak resesi global pada 2008. Adapun penyebab turunnya keuntungan Foxconn diduga diakibatkan oleh produksi smartphone Apple.

iPhone X yang menjadi perangkat istimewa Apple di ulang tahunnya yang ke-10, disebut menjadi biang kerok. Sebagaimana diketahui, produksi smartphone bernilai USD1.000 itu sempat dikabarkan mengalami kendala.

Baca juga: Saingi Samsung, Apple Kembali Usung Tiga iPhone pada 2018?

Penerapan layar OLED dan desain edge-to-edge yang dimiliki iPhone X menjadi masalah dalam perakitan di Foxconn.

Selain masalah pada layar, Foxconn juga kesulitan untuk menerapkan teknologi Face ID. Itu adalah sistem penguncian layar yang mengunakan teknologi biometrik dengan pemindaian wajah.

Masalah itu sempat dilaporkan oleh Bloomberg yang mengatakan bahwa Apple mengurangi akurasi Face ID demi meningkatkan produksi iPhone X yang telah mepet dengan waktu perilisannya.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (15/11/2017), semua dugaan diatas masih belum diketahui kebenarannya. Foxconn belum memberikan keterangan bagaimana mereka kehilangan keuntungannya.

Baca juga: Aplikasi Ini Bisa "Hapus" Tonjolan di Layar Atas iPhone X, Apa Itu?

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini