Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada! Android Paling Diincar Hacker

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 11:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 17 207 1815645 waspada-android-paling-diincar-hacker-3p0nebOk9n.jpg (Foto: Flickr)

JAKARTA – Virus yang menyerang berbagai perangkat elektronik bukanlah hal baru. Namun seiring waktu, software yang merusak itu semakin meluas ke berbagai perangkat dan platform.

Menurut Threat Intelligence Report terbaru yang dirilis Nokia, ditemukan bahwa platform Google Android hingga saat ini menjadi platform yang paling diincar oleh virus software jahat.

Nokia menyajikan grafik yang menunjukkan perangkat yang terinveksi di tahun 2017. Dalam diagram yang dirilisnya, data itu menunjukkan bahwa Android menguasai 68,5% dari grafik terkait infeksi virus.

Baca: Waspada! Ransomware DoubleLocker Bisa Sandera Data di Perangkat Android

Platform terbesar berikutnya yakni Windows atau PC dengan persentase 29,96%. Sementara sisanya mengincar perangkat lain seperti iPhone dan kemungkinan platform lain seperti Linux, Unix, Mac, dan lainnya.

Menurut Nokia, mereka yakin Android mudah sitargetkan karena aplikasi dapat dengan mudah disediakan dari situs web pihak ketiga yang tidak mengharuskan pengamanan seperti dimiliki Play Store.

Baca juga: Nih! Cara Google Hadang Malware di Android

“Alasan utama mengapa platform Android ditargetkan adalah kenyataan bahwa aplikasi Android dapat didownload dari mana saja. Terlepas dari upaya Google yang sukses untuk memastikan bahwa Play Store terbebas dari malware, pengguna Android dapat terus memasang aplikasi dengan mengklik link di pesan teks dan e-mail. Selain itu, di banyak daerah banyak toko aplikasi pihak ketiga tersedia,” kata Nokia.

Baca juga: Waduh! Google Play Protect Ternyata Lemah Tangkal Malware

Temuan Nokia ini nampaknya juga serupa dengan laporan terbaru Google yang menemukan bahwa akun Google cenderung paling umum ditargetkan melalui phising.

Malware sendiri memang tak bisa dicegah sepenuhnya. Namun tentunya pengguna bisa meminimalisir serangan dengan tidak mengakses situs atau link yang mencurigakan dan selalu mengunduh aplikasi terpercaya dari toko aplikasi resmi seperti Play Store. Demikian seperti dilansir Ubergizmo, Jumat (17/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini