Toshiba Bakal Jual Bisnis PC ke Asus, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 17 207 1815968 toshiba-bakal-jual-bisnis-pc-ke-asus-benarkah-pYQIglbaCU.jpg (Foto: Reuters)

TOKYO – Toshiba dilaporkan tengah dalam negosiasi dengan perusahaan hardware asal Taiwan – Asus, untuk menjual bisnis PC-nya. Hal ini dilakukan demi mengatasi masalah keuangan yang diakibatkan oleh kenaikan biaya di dua proyek nuklirnya di Amerika Serikat (AS) dan membuat perusahaan bangkrut.

Lenovo juga telah menyatakan ketertarikannya pada bisnis PC Toshiba yang memiliki basis kuat di AS dan Eropa, sebagaimana dilaporkan Nikkei Asian Riview. NEC dan Fujitsu sendiri telah menjual bisnis PC-nya ke Lenovo.

Beragam cara telah ditempuh Toshiba untuk mengembalikan kondisi perusahaan. Awal bulan ini Toshiba membeli kembali 10% saham Westinghouse dari pemegang saham minoritas Kazatomprom seharga 59 miliar yen, sehingga mendapatkan kepemilikan penuh atas bisnisnya yang bangkrut.

Selain itu, Toshiba juga mengumumkan rencananya untuk menjual 95% unit TV-nya kepada Hisense dalam sebuah kesepakatan senilai 12,9 miliar yen dengan Hisense Electric. Semenara 5% nya akan dipertahankan demi memperluas basis keuangan Toshiba.

Sejak menjual bisnis tools-nya ke Midea pada 2016, Toshiba memang berniat untuk menjual lebih banyak bisnis sekunder agar perusahaan tetap bertahan.

Penjualan bisnisnya sendiri, diperkirakan Toshiba akan selesai pada Februari 2018. Jika penjualannya melewati Maret 2018, Toshiba memperkirakan akan membukukan keuntungan sekira 25 miliar yen.

Toshiba juga berencana untuk merestrukturisasi perusahaan demi memperbaiki posisi keuangan saat ini, meski rinciannya belum rampung. Demikian seperti dilansir ZDNet, Jumat (17/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini