Keren! Robot Cantik Ini Mirip Banget Manusia

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Sabtu 18 November 2017 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 17 207 1816135 keren-robot-cantik-ini-mirip-banget-manusia-8tW6prSXxi.jpg (Foto: The Guardian)

JAKARTA - Jika ada robot yang mendekati kemiripan dengan manusia, Erica adalah salah satunya. Ia didesain dan dirias semirip mungkin dengan wanita muda usia 20 tahunan.

Kemiripannya terlihat saat ia mulai berbicara. Rahasianya adalah di teknologi yang dipakai. Erica punya kecerdasan buatan agar bisa berinteraksi dengan manusia.

Ia diciptakan oleh Hiroshi Ishiguro, profesor di Universitas Osaka, dalam program JST Erato, yakni program pendanaan ilmiah milik pemerintah Jepang. Ia juga dibantu oleh Advanced Telecommunication Research Institute International (ATR).

Tak hanya bisa berbicara, Erica juga bisa mengetahui siapa yang ia ajak bicara. Ini karena ia memiliki penglihatan yang didukung dengan inframerah. Dengan begitu ia pun bisa mengenali wajah manusia dan mengetahui berapa orang yang ada dihadapannya.

"Saya pikir, secara sosial, sayua mirip manusia ketika orang-orang datang dan berbicara dengan saya, saya pikir mereka berlaku seolah-olah saya manusia," kata Erica dikutip dari The Guardian.

Meski terlihat mirip manusia dan berteknologi canggih, tapi Ishiguro mengatakan tujuan utama ia menciptakan robot canggih adalah untuk mempelajari perilaku manusia.

"Gagasan awal saya adalah, jika saya mempelajari robot yang menyerupai manusia, saya bisa belajar lebih banyak lagi tentang manusia," ungkapnya.

"Di saat yang sama aku bisa mempertajam (teknologi) robot. Tapi pada dasarnya, ketertarikan saya adalah pada manusia itu sendiri," lanjutnya.

​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini