Share

Meski Telah Dihapus, Pesan WhatsApp Ternyata Masih Bisa Dilihat

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 20 November 2017 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 18 207 1816458 meski-telah-dihapus-pesan-whatsapp-ternyata-masih-bisa-dilihat-ndz0VbTFJa.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Pengguna WhatsApp belum lama ini mendapatkan fitur baru yang cukup membantu, yakni unsend pesan yang telah terkirim. Fitur ini sejak lama ditunggu-tunggu oleh pengguna sehingga kehadirannya amt disambut.

Namun nampaknya fitur ini memiliki kekurangan yang memungkinkan pesan itu tetap muncul. Android Jefe, sebuah blog Android dari Spanyol mengungkapkan bagaimana pengguna smartphone Android bisa mengakses pesan yang telah terhapus.

Baca: Mantap! WhatsApp Mulai Gulirkan Fitur Hapus Pesan

“Kami telah menemukan cara untuk memulihkan atau melihat pesan yang dihapus oleh pengguna dalam obrolan WhatsApp. Apa yang kami temukan adalah pesan tersebut tersimpan dalam daftar notifikasi sistem Android,” tulis blog tersebut.

“Jadi hanya masalah memasukkan record untuk melihat pesan yang telah dihapus oleh pengguna lain,” ujar blog itu.

Pesan akan berada di log notifikasi, terlepas dari apakah pesan itu telah dihapus atau tidak oleh pengirim pesan. Sebelumnya, WhatsApp menerbitkan pedoman terkait cara untuk menghapus pesan untuk semua orang (delete for everyone) saat fitur ini diluncurkan.

Baca juga: Nih! Cara Hapus Pesan WhatsApp yang Terkirim Lebih dari 7 Menit

WhatsApp menulis “Menghapus pesan untuk semua orang memungkinkan Anda menghapus pesan spesifik yang telah Anda kirim ke grup atau obrolan pribadi. Ini sangat berguna jika Anda mengirim pesan ke percakapan yang salah atau jika pesan yang Anda kirim mengandung kesalahan”.

Pesan yang telah terhapus kemudian akan ditunjukkan tulisan “Pesan ini telah dihapus” dalam obrolan penerima pesan. Begitu pula sebaliknya, jika Anda melihat tulisan bahwa “Pesan ini telah dihapus”, maka pengirim pesan telah menghapusnya.

Baca juga: Waduh! WhatsApp Palsu Beredar Diunduh Lebih dari 1 Juta Pengguna

Meski memberikan kemungkinan untuk menghapus pesan, WhatsApp membatasi pengguna bahwa pesan yang bisa dihapus hanyalah pesan yang telah terkirim tidak lebih dari tujuh menit. Begitu pesan itu melebihi batas waktu tersebut, maka Anda tak bisa menghapusnya.

Tak hanya untuk pesan teks, fitur ini juga berjalan jika Anda ingin menghapus pesan berupa foto maupun video. Demikian seperti dilansir The Sun, Senin (20/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini