Unik, Robot Ini Bisa Salto ke Belakang, Nih Videonya!

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 18 November 2017 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 18 56 1816187 unik-robot-ini-bisa-salto-ke-belakang-nih-videonya-SdEgebLvFo.jpg (Foto: Screenshot/YouTube)

JAKARTA - Boston Dynamics dikenal sebagai perusahaan yang mengembangkan robot-robot canggih. Robot terkini yang diciptakan perusahaan ialah robot humanoid yang diprogram agar bisa melakukan lompatan akrobatik.

Dilansir Businessinsider, Jumat (17/11/2017), Boston Dynamics telah dijual oleh Google kepada Softbank awal tahun ini. Perusahaan mengembangkan robot-robot canggih yang bisa bergerak seperti gerakan makhluk hidup sungguhan.

Baca juga: Seru! Ribuan Robot Menari Bersama dan Pecahkan Rekor Dunia

Dinamakan Atlas, robot yang menyerupai manusia ini bisa melakukan lompatan di depan rintangan. Bahkan, kemampuan salto yang dimilikinya terlihat alami.

Perusahaan mengunggah video Atlas di YouTube, yang memperlihatkan gerakan-gerakan yang mampu dilakukan robot itu. Video berdurasi 54 detik itu telah ditonton lebih dari 1,6 juta pengakses YouTube.

Robot buatan manusia ini tampak menunjukkan kemampuan robot yang semakin dapat meniru aktivitas manusia. Robot dibekali sistem serta sensor yang membuatnya bisa tetap menjaga keseimbangan tubuh.

Baca juga: Jack Ma: Manusia Akan Selalu Unggul Ketimbang Robot

Boston Dynamics juga diketahui mengembangkan robot lainnya seperti robot anjing, SpotMini. Robot tersebut bisa berjalan dengan empat kaki, dan menunjukkan gerakan yang cukup alami menyerupai hewan sungguhan.

Boston Dynamics didirikan oleh Marc Raibert yang berawal dari sebuah laboratorium di MIT. Pada 2013, Google mengakuisisi perusahaan tersebut guna melebarkan sayap ke ranah robotik.

Saat itu, Andy Rubin yang merupakan kreator OS Android bekerjasama untuk sebuah unit yang dinamakan Replicant. Namun, kurang dari satu tahun berikutnya, Andy memilih hengkang dari Google.

Baca juga: Keren! Inikah Robot Bedah Terkecil di Dunia?

"Boston Dynamics antusias untuk menjadi bagian dari visi SoftBank dan menciptakan revolusi teknologi berikutnya, dan kami yakin kemajuan teknologi seharusnya bermanfaat bagi umat manusia," kata CEO dan pendiri Boston Dynamics Marc Raibert dalam sebuah pernyataan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini