SpaceX Sempat Tunda Peluncuran Pesawat Antariksa Zuma, Kenapa?

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 18 November 2017, 17:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 18 56 1816388 spacex-sempat-tunda-peluncuran-pesawat-antariksa-zuma-kenapa-EKme5B2Hi1.jpg (Foto: SpaceX)

FLORIDA - Dua jam sebelum jadwal lepas landas, SpaceX membatalkan rencananya untuk meluncurkan roket Falcon 9 pada Kamis (15 November) dari Kennedy Space Center di Florida. Rencananya roket tersebut akan diluncurkan pukul 20.00 EST selama dua jam, tetapi pada pukul 18.30 perusahaan tiba-tiba meminta untuk menunda.

Dilansir dari Upi.com, roket Falcon 9 akan membawa pesawat ruang angkasa Zuma ke Low Earth Orbit (LEO). Pers SpaceX tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai satelit misterius tersebut.

“Semua orang yang terlibat dalam misi ini tutup mulut,” Space.com melaporkan.

Perusahaan Pertahanan dan Kedirgantaraan Northop Grumman telah mengonfirmasi bahwa mereka mengetahui peluncuran Zuma di atas roket SpaceX Falcon 9 untuk pemerintah A.S. Namun, agensi mana yang bertanggungjawab atas proyek Zuma tersebut masih misterius.

SpaceX tidak mengumumkan kapan tepatnya akan menjadwal ulang peluncuran, tetapi hari Jumat menjadi pilihan terbuka.

“Walaupun kami telah mempertahankan berbagai peluang untuk hari esok, kami akan meluangkan waktu untuk melengkapi ulasan data lalu konfirmasi jadwal peluncuran baru,” jelas perusahaan tersebut.

Alasan utama dari penundaan tersebut tidak terungkap. Pihak SpaceX menyampaikan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan menggunakan hari ekstra untuk melakukan beberapa urusan jaminan misi tambahan sebelum peluncuran.

Northrop Grumman mengungkapkan bahwa roket tersebut akan membawa Zuma menuju LEO, dengan ketinggian berkisar hingga 2.000 kilometer di atas Bumi. Objek di LEO seringkali mengelilingi Bumi, dengan satu putaran menghabiskan waktu 90 sampai 120 menit, tergantung ketinggiannya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini