Ilmuwan Klaim Temukan Planet Asing dengan Orbit yang Tidak Biasa

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Senin 20 November 2017 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 18 56 1816506 ilmuwan-klaim-temukan-planet-asing-dengan-orbit-yang-tidak-biasa-8GK21NJPpH.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Planet-planet dengan karakteristik eksentrik telah banyak ditemukan, tetapi sebuah temuan planet baru, HD76920b, memiliki keunikan. Planet yang dapat ditemukan berjarak 587 tahun cahaya di rasi selatan Volans, the Flying Fish ini memiliki massa empat kali lebih besar dari Jupiter.

Hal yang menarik adalah pada titik terjauh planet ini mengorbit hampir dua kali lebih jauh dari bintangnya. Ia mengorbit sebuah bintang tua yang berusia lebih tua 2 miliar tahun dari Matahari.

Baca juga: Keren! Google Rilis Fitur Baru untuk Jelajah Berbagai Planet

Orbital HD76920b ini tidak bertahan lama. Ia akan mengalami pasang surut yang dramatis saat berayun mendekati bintang induknya.

Planet gas ini akan berubah bentuk saat berayun melewati bintangnya, meregang akibat gravitasi yang sangat kuat. Pasang surut yang terjadi pun jauh lebih besar dari yang terjadi di Bumi.

Baca juga: Planet Asing Diduga Miliki Kandungan Air, Benarkah Dapat Dihuni?

Aktivitas pasang surut ini akan berlangsung seiring waktu untuk melingkari orbit planet. Titik terdekat menuju bintang tidak akan berubah, tetapi titik terjauhnya secara berangsur akan terseret mendekat, bergerak melingkari orbit.

Semua itu menunjukkan bahwa HD76920b tidak dapat menempati orbitnya saat ini sejak ia ‘lahir’. Jika itu yang terjadi, maka orbitnya akan sirkuler sejak dahulu kala.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Planet 50 Kali Lebih Besar Ketimbang Jupiter

Mungkin penemuan ini adalah bukti adanya sistem planet yang ‘menyimpang’. Sebuah sistem yang pada awalnya pernah terisi beberapa planet pada orbit sirkuler (atau hampir sirkuler).

Seiring berjalannya waktu, planet-planet tersebut saling bersinggungan lalu akhirnya menabrak saat bintang mereka berkembang. Kekacauan tersebut membuat sebagian besar planet-planet terpencar dan terhempas jauh di luar angkasa dan menyisakan satu planet, HD76920b.

Masih diperlukan observasi lebih lanjut untuk benar-benar memahami kisah planet unik ini. Demikian sebagaimana dilansir dari Daily Mail.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini