Ini Dia Daftar Robot-Robot Tercanggih di Dunia, Apa Saja?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 19 November 2017, 11:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 18 56 1816536 ini-dia-daftar-robot-robot-tercanggih-di-dunia-apa-saja-sJcQvYKRGK.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA - Robot diprogram untuk dapat melakukan gerakan-gerakan tertentu yang membantu pekerjaan manusia. Robot juga diciptakan untuk dapat menyerupai bentuk manusia dan memiliki kemampuan bergerak seperti manusia sungguhan.

Diambil dari berbagai sumber, berikut robot-robot tercanggih yang ada saat ini.

Asimo

ASIMO merupakan kepanjangan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Robot ini telah mengalami beberapa kali update dan revisi. ASIMO bahkan memiliki kapabilitas kecerdasan yang ditingkatkan seperti mengenal wajah serta suara manusia secara bersamaan.

Beberapa kemampuan ASIMO generasi terbaru antara lain, dapat berlari dengan cepat, melompat, berjalan mundur, menaiki dan menuruni anak tangga. Robot yang menyerupai manusia ini diklaim bisa berlari dengan kecepatan 5,6 mil per jam.

ASIMO juga memiliki kemampuan menghentikan aksi atau mengubah perilakunya berdasarkan respon lingkungan di sekitarnya. Robot juga dapat membaca apa yang akan dilakukan manusia secara akurat.

Robot Cheetah

Ilmuwan telah mengembangkan robot Cheetah yang mampu berlari kencang. Melalui pengujian menggunakan treadmill, robot tersebut mampu mencapai kecepatan hingga 28,3 mph, mengalahkan rekor atlet sprinter asal Jamaika, Usain Bolt di 2009 dengan kecepatan 27,8 mph.

Kabarnya, robot yang didanai oleh militer Amerika Serikat ini telah melampaui kecepatan lari manusia tercepat di dunia. Untuk meningkatkan kecepatan robot Cheetah ini, ilmuwan telah merancang algoritma kontrol yang mengkoordinasikan kaki robot dan gerakan kembali serta meningkatkan daya atau tenaga yang terpasang pada robot tersebut.

Atlas

Boston Dynamics terkenal sebagai perusahaan yang menciptakan robot. Perusahaan baru-baru ini mengungkap robot humanoid yang diprogram agar bisa melakukan lompatan akrobatik bernama Atlas.

Robot yang menyerupai manusia ini bisa melakukan lompatan di depan rintangan. Bahkan, kemampuan salto yang dimilikinya terlihat alami.

Robot tampak menunjukkan kemampuan yang semakin dapat meniru aktivitas manusia. Robot dibekali sistem serta sensor yang membuatnya bisa tetap menjaga keseimbangan tubuh.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini