DO YOU KNOW: Flashdisk Pertama di Dunia Miliki Kapasitas Penyimpanan 8 MB

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 20 November 2017 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 19 57 1816737 do-you-know-flashdisk-pertama-di-dunia-miliki-kapasitas-penyimpanan-8-mb-2tGnzZoUGV.jpg (Foto: Theconversation)

JAKARTA - Flashdisk saat ini memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga pengguna bisa menyimpan berbagai file di dalamnya. Tahukah Anda bila pada awal terciptanya, flashdisk hanya memiliki kapasitas 8 MB.

Flashdisk ini diciptakan oleh ilmuwan asal Jepang yaitu Dr Fujio Masuoka. Pria kelahiran 8 Mei 1943 ini menjadi pencipta flashdisk pertama di dunia.

Baca juga: Flashdisk Ini Mampu Tampung Data hingga 2 Terabyte

Dalam perkembangannya, Dr Fujio hanya membutuhkan waktu dua bulan guna menemukan struktur baru yaitu memori jenis MOS yang dikenal dengan nama Samos dan akhirnya menjadi hak patennya pada 1972.

Diambil dari berbagai sumber, cikal bakal lahirnya flashdisk saat Dr Fujio mengembangkan flash memory 256Kbit. Dari situ ia berhasil mengembangkan proyek lainnya yakni NAND-type flash memory yang menjadi cikal bakal flashdisk itu sendiri.

Baca juga: OKEZONE INNOVATION: Mengenal NAND, Flashdisk Pertama di Dunia

Pada 2001, perangkat kecil itu mulai dipasarkan di Amerika oleh IBM. Kala itu, ukuran data yang bisa disimpan sebesar 8 MB. Memori Flash sendiri menjadi salah satu inovasi semikonduktor yang paling penting dari 1999-an

Dalam perkembangannya, flashdisk mampu mentransfer data dengan frekuensi clock 480 Mb perdetik. Benda kecil ini pun mudah untuk dibawa ke mana-mana, selain itu juga bisa dipasangi sistem password agar tidak bisa dibaca oleh orang lain.

Baca juga: Ilmuwan Buat Flashdisk untuk Uji HIV

Kini, flashdisk memiliki berbagai ukuran daya penyimpanan yang bervariasi yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya daya penyimpanannya yang terus mengalami perubahan, namun desain yang ditawarkan juga mulai mengalami perubahan.

Kapasitas 2TB

Flashdisk kini bukan lagi mendukung penyimpanan file dalam satuan MB, melainkan TB (terabyte). Pada Januari 2017, Kingston Digital memperkenalkan perangkat barunya dengan kapasitas 2 TB.

DataTraveler Ultimate GT akan menjadi flashdisk pertama di dunia dengan kapasitas yang besar namun memiliki bodi mungil. Vendor asal California ini juga sempat meluncurkan perangkat serupa di tahun 2013, namun dengan kapasitas 1 TB.

Perangkat penyimpan data terbaru ini hanya berukuran 72mm x 26.9mm x 21mm. Sangat kecil dibanding ukuran kapasitas yang mampu ditampungnya. Menurut Kingston, kapasitas perangkat ini bisa menampung video dengan resolusi 4K UHD hingga 70 jam.

Dilaporkan Slashgear, model ini tersedia dalam kapasitas 1 TB dan 2 TB, serta dilengkapi fitur konektor USB 3.0 untuk transfer data dengan cepat.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini