Duh, Fujifilm Kena Gugat Gara-Gara Film di Kamera Instax

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 20 November 2017, 13:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 20 207 1816962 duh-fujifilm-kena-gugat-gara-gara-film-di-kamera-instax-4abcrt4JCf.jpg (Foto: The Verge)

JAKARTA - Produsen kamera asal Jepang, Fujifilm, kena gugat oleh Polaroid, perusahaan pembuat kamera instan yang populer sejak tahun 40-an. Fujifilm diduga telah melanggar hak cipta milik Polaroid sehingga dituntut untuk membayar royalti.

Kasus ini diketahui telah berlangsung sejak Januari 2017, tapi pada pekan lalu Fujifilm mengajukan nota keberatan ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat di New York.

Dalam pernyataannya Fujifilm mengaku bahwa PLP IP, pemegang lisensi kamera instan Polaroid, meminta pihaknya untuk membayar royalti atau berhenti berjualan film kamera Instax yang berbentuk kotak.

Baca juga: Ledakan Baterai Kamera Bikin Geger Bandara di Amerika Serikat, Kok Bisa?

Sementara sebelumnya Fujifilm hanya menjual film berbentuk persegi panjang dengan ukuran mulai dari katu pos hingga sebesar kartu bisnis.

Polaroid mengaku bahwa mereka memiliki merek dagang bentuk kotak dalam kotak, dan bentuk film yang dikeluarkan Fujifilm sangat identik dalam bentuk dan batas di sisi-sisinya.

Mengutip halaman The Verge, (20/11/2017), Fujifilm merespons dengan mengatakan bahwa Polaroid berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari portofolio properti intelektual setelah kehilangan keuntungan dari penjualan produknya.

Baca juga: Saingi Google Clips, Kamera 360 Ini Miliki Kemampuan "Melayang"

Fujifilm berharap pengadilan dapat mempertimbangkan nota keberatannya dan meloloskannya dari gugatan pelanggaran hak cipta kekayaan intelektual dan merek dagang Polaroid.

Sebagaimana diketahui Polaroid telah mengalami kebangkrutan dan menjual perusahaan pada 2008 dengan nama baru The Impossible Project.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini