PBB Larang Penggunaan Robot Perang, Ada Apa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 21 207 1817668 pbb-larang-penggunaan-robot-perang-ada-apa-G1Ci5SgWj1.jpg (Foto: The Independent)

JAKARTA - Keberadaan robot sebagai pengganti manusia masih menjadi perdebatan di dunia ilmiah. Ada pihak yang menganggapnya sebagai pemicu perang dunia, namun ada pula yang menanggapi secara santai.

Membahas soal perkembangan teknologi robot saat ini, para delegasi dari berbagai negara kumpul di rapat PBB (persatuan bangsa-bangsa). Mereka mendiskusikan pemanfaatan robot sebagai senjata perang.

Hasilnya, 22 negara anggota PBB mengusulkan untuk melakukan pelarangan terhadap robot perang. Mereka melarang pengembangan dan penggunaan robot otonom yang dapat membunuh.

Baca juga: Ini Dia Daftar Robot-Robot Tercanggih di Dunia, Apa Saja?

Hal itu pula didukung oleh para ahli kecerdasan buatan, dan pakar robotik. Mereka dikatakan mengirimkan surat kepada pemimpin negara agar mendukung upaya pelarangan senjata otonom, demikian dikutip dari Ubergizmo, Selasa (21/11/2017).

Konon, kekhawatiran ini mengemuka karena beberapa perusahaan pertahanan swasta telah mulai melakukan investasi yang besar untuk membuat senjata otonom.

Sejumlah negara yang hadir dalam rapat tersebut sepakat perlu adanya instrumen yang mengikat hukum untuk menentukan pemanfaatan teknologi tersebut.

Baca juga: Unik, Robot Ini Bisa Salto ke Belakang, Nih Videonya!

Tapi sebagian negara juga telah menerima bahwa beberapa bentuk kontrol manusia harus dipertahankan melalui sistem persenjataan.

Meski demikian pertemuan itu masih belum mendapatkan keputusan. Mereka hanya bisa mengatur dasar pembicaraan yang bakal menjadi isu global di masa depan. Dalam waktu dekat ini, larangan tersebut masih belum bisa dijalankan.

​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini