Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menakjubkan! Astronom Temukan Salah Satu Galaksi Tertua di Alam Semesta

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 21 56 1818183 menakjubkan-astronom-temukan-salah-satu-galaksi-tertua-di-alam-semesta-SpmAATAiZJ.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Para astronom telah mengonfirmasi sebuah penemuan salah satu dari objek tertua dan terjauh yang terkenal di alam semesta. Sebuah galaksi penyusun bintang berjarak 12,8 miliar tahun cahaya yang mulai terbentuk dalam satu miliar tahun setelah Big Bang.

Galaksi yang bernama G09 83808 tersebut pertama kali ditemukan oleh teleskop luar angkasa Herschel, tetapi tampak kurang jelas. Para astronom yang menemukannya menginginkan informasi lebih dalam, lalu mereka menyampaikan data tersebut pada tim yang menggunakan Large Millimeter Telescope (LMT).

Dengan antena LMT berdiameter 50 meter, para astronom mengonfirmasi bahwa G09 83808 adalah objek tertua yang pernah ditemukan oleh teleskop tersebut. Hanya terdapat satu objek lain, galaksi serupa yang sedikit lebih tua dan lebih jauh, yang pernah ditemukan oleh teleskop lain.

Baca juga: Keren, Teleskop Hubble Mampu Tampilkan Galaksi yang Tersembunyi

Dilansir dari Space.com, Selasa (21/11/2017), penelitian tersebut dipimpin oleh Jorge Zavala, seorang mahasiswa pascasarjana yang bekerja di bawah Direktur LMT David Hughes (saat ini Hughes adalah seorang peneliti pascadoktoral di Universitas Texas). Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di Nature Astronomy.

G09 83808 membuka pengetahuan unik yang lebih dalam mengenai alam semesta sejak kosmos terbentuk 13,7 miliar tahun silam.

“Melihat sebuah objek dalam miliaran tahun pertama adalah hal luar biasa karena alam semesta sepenuhnya terionisasi, sehingga terlalu panas dan terlalu beraturan untuk membentuk apapun dalam 400 juta tahun pertama,” kata Min Yun, seorang astrofisikawan di Universitas Massachusetts Amherst yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Baca juga: Menakjubkan! Nih Penampakan Spektakuler yang Ditangkap Teleskop Hubble

Ia juga menyampaikan bahwa mereka menduga bintang, galaksi, dan lubang hitam seluruhnya tersusun dalam setengah miliar tahun hingga satu miliar tahun pertama. Objek baru ini bisa jadi merupakan salah satu galaksi pertama yang terbentuk.

Sulit untuk melihat objek-objek seperti G09 83808 karena awan debu raksasa mengelilinginya sehingga ia tidak terlihat dari observatorium seperti Hubble Space Telescope. LMT merupakan pilihan yang lebih baik untuk menyaksikan objek semacam ini karena menggunakan panjang gelombang milimeter yang mampu melihat melalui debu yang menutupi.

Lensa gravitasi juga membantu para astronom dalam obervasi ini. Fenomena itu memperbesar cahaya saat melewati sebuah objek besar, membuat objek berjarak jauh terlihat lebih besar.

G09 83808 tampak 10 kali lebih terang dan besar dari aslinya karena terdapat galaksi besar di antara objek tersebut dan Bumi, yang membantu memperbesar melalui lensa gravitasi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini