Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Doodle Rayakan Kimchi Day, Apa Itu?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 11:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 22 207 1818372 google-doodle-rayakan-kimchi-day-apa-itu-UpuLnO05cY.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Google Doodle turut merayakan peringatan Kimchi Day atau Hari Kimchi di Korea Selatan. Kimchi adalah makanan tradisional khas Korea Selatan yang terbuat dari beragam sayuran segar.

Bahan-bahannya antara lain sawi putih, bawang daun, saus ikan, bubuk cabai merah, tepung beras, garam, jahe, lobak, wortel, dan bawang putih. Semua campuran itu difermentasikan melalui pot yang terbuat dari tanah liat disebut onggi.

Seiring dengan populernya budaya Korea melalui drama dan musiknya, hidangan Kimchi juga turut dikenal di seluruh dunia.

Baca juga: Hii.. Rayakan Halloween, Google Tampilkan Doodle Rumah Hantu 

Saat pengguna Google mengunjungi halaman utama, di sana akan terpampang beragam sayuran yang menjadi bahan pembuatan Kimchi.

Kimchi pertama kali difermentasikan di Korea sekira 2.600 hingga 300 tahun lalu. Pada abad 18, Kimchi pertama kali dibuat dengan campuran cabai. Namun tak semua Kimchi di Korea akan memiliki campuran yang sama.

Pasalnya, wisatawan yang datang ke negara tersebut bakal menemukan beragam Kimchi dengan bahan yang berbeda di setiap daerahnya. Saking khasnya makanan ini, sejumlah orang bahkan memiliki kulkas khusus untuk menyimpan Kimchi.

​

Pada November hingga Desember, jumlah pembuatan Kimchi di Korea Selatan akan meningkat saat perayaan Kimchi Day. Ini ditujukan sebagai persiapan musim dingin di negara tersebut.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Tampilkan Studio Musik Elektronik, Kenapa?

Selama pembuatan Kimchi, anggota keluarga saling berkumpul untuk memasak di dapur masing-masing untuk memasak dan saling berbagi cerita.

"Kimchi Day telah tercatat sebagai warisan budaya di UNESCO dalam menciptakan momen sukacita dan mendorong hidup selaras dengan alam. Selamat makan," tulis Google.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini