Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LINE Akuisisi Startup TemanJalan demi Chatbot?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 23 207 1819011 line-akuisisi-startup-temanjalan-demi-chatbot-9idVicZNFy.jpg (Foto: Mashable)

JAKARTA - LINE mengakuisisi sebuah startup asal Indonesia bernama TemanJalan. Akuisisi startup tersebut telah rampung pada 17 November 2017. Apa itu TemanJalan?

TemanJalan adalah startup yang memiliki pengembangan pada teknologi Chatbot. Melalui aplikasinya, TemanJalan pernah mendapatkan perhatian secara internasional melalui LINE BOT AWARDS. Di ajang tersebut, TemanJalan mendapatkan penghargaan pada kategori lokalisasi.

Diakui LINE Indonesia, akuisisi TemanJalan tak lepas dari tujuannya dalam pengembangan chatbot di Tanah Air. Dengan akuisisi tersebut, LINE Indonesia bakal mendapatkan tim teknis untuk meningkatkan platform chatbot yang dapat selaras dengan pasar di Indonesia.

Baca juga: Ikuti WhatsApp, LINE Segera Rilis Fitur Hapus Pesan Terkirim

"LINE berkomitmen untuk mengembangkan platform chatbot di Indonesia, dan akuisisi atas TemanJalan merupakan salah satu bentuk pengembangan kapasitas kami disana,” ujar Dale Kim Managing Director LINE Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (23/11/2017).

"Bersama TemanJalan, kami mendapatkan tim engineering baru yang dapat meningkatkan kemampuan kami dalam mengembangkan platform chatbot, serta mendapatkan wawasan yang mendalam tentang pasar di Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu Co-founder dan CEO TemanJalan, Fauzan Helmi Sudaryanto, menyambut baik akuisisi yang dilakukan LINE. Tapi sayangnya, baik Fauzan maupun Dale Kim, tak menungkap nilai akuisisi yang disepakati keduanya.

Baca juga: Lawan Konten Negatif, Aplikasi Ini Dorong Kreator Lokal Bikin Konten Positif

"Kami sangat senang bisa bergabung dengan LINE. Akuisisi ini merupakan sebuah bentuk kepercayaan pada produk dan developer di Indonesia serta menunjukkan keseriusan LINE dalam membina dan mendukung komunitas lokal," kata Fauzan.

TemanJalan adalah platform sosial yang menyediakan transportasi secara online kepada mahasiswa. Startup ini membantu mereka dalam menemukan teman satu arah dan jadwal yang sama melalui layanan carpooling. Saat ini mereka telah beroperasi di lebih dari 50 kampus di Indonesia dan telah menghasilkan lebih dari 100.000 perjalanan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini