Pencipta Game Plants vs Zombies Dipecat, Ini Alasannya

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 23 November 2017, 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 23 326 1819194 pencipta-game-plants-vs-zombies-dipecat-ini-alasannya-6ZKa8KLXnn.jpg (Foto: Plants vs Zombies)

JAKARTA - Rumor hengkangnya pencipta game Plants vs Zombies, George Fan, akhirnya terjawab. Ia mengonfirmasi telah dipecat oleh Electronic Arts melalui akun Twitter-nya baru-baru ini.

Fan mengatakan ia sempat berselisih karena tak setuju game tersebut digratiskan. Kemudian ia juga mengatakan bahwa dirinya tak dilibatkan dalam penggarapan sekuel Plants vs Zombies 2.

"Berdasarkan rumor yang beredar, benar bahwa saya telah dipecat oleh EA/PopCap, dan juga benar bahwa saya tak setuju jika Plants vs Zombies menjadi freemium game. Itu saja yang ingin saya sampaikan pada rumor tersebut," ungkap Fan dikutip dari IGN, Kamis (23/11/2017).

Baca juga: Duh! Game Marvel Heroes Besutan Disney Bakal Ditutup, Ada Apa?

EA (Electronic Arts) diketahui mengakuisisi PopCap pada 2011. Setelah itu EA memiliki kontrol terhadap pengembangan Plants vs Zombies 2. Perusahaan itu ingin game tersebut memiliki sistem in-app purchased.

Artinya, seseorang bisa mengunduh Plants vs Zombies 2 secara gratis namun untuk mendapatkan item tertentu, mereka harus membayarnya. Saat itu Fan mengajukan keberatan dengan strategi bisnis tersebut.

Baca juga: Nah Lho! Marvel Hero Bakal Ditutup, Gamer Minta Uang Dikembalikan

"Dia seperti mengatakan, "entahlah, itu bukan ide yang bagus dan saya tak ingin melakukan hal itu dengan game saya"," ungkap Edmund McMillen, teman akrabnya saat menceritakan reaksi Fan.

Menurut McMillen setelah mengungkapkan keberatan itu, Fan langsung dipecat oleh EA. Namun Fan juga tak tinggal diam. Saat ini ia sedang mengerjakan pengembangan game terbaru bernama Octogeddon.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini