Salip Pangsa Pasar Apple, Nokia Mulai Bangkit!

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 17:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 207 1820050 salip-pangsa-pasar-apple-nokia-mulai-bangkit-tBoZb3auSY.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Di ranah bisnis memang tak jarang perushaan yang memiliki pesaing. Dari sisi industri smartphone di Vietnam, Samsung memimpin dengan pangsa pasar 36% diikuti oleh Oppo dengan pangsa pasar 24% pada kuartal ketiga 2017.

Meski begitu, pencapaian mereka nampaknya akan mulai terusik seiring hadirnya kembali merek Nokia ke pasaran. Bahkan Apple telah tersalip oleh merek legendaris tersebut.

Baca: 600 Pegawai Nokia Terancam Hilang Pekerjaan, Ada Apa?

Berdasarkan data yang dirilis IDC Indochina, pangsa pasar Nokia di Vietnam memang hanya 6%. Meski begitu pencapaian tersebut telah mengalahkan Apple yang bertahan pada 4% di kuartal yang sama.

Nokia disebut mengamankan posisinya yang ketiga setelah Oppo setelah bergantung pada produk barunya dan sumber daya manusia di Vietnam, sebagaimana dijelaskan Mr. Le Le Thanh, analis IDC Indochina.

Pencapaian Nokia ini juga menunjukkan bahwa perusahaan telah mulai kembali menunjukkan eksistensinya baik di Vietnam maupun di dunia, dengan mengenalkan smartphone dan fitur-fitur baru. Salah satu strategi yang ditempuh Nokia adalah dengan mengembangkan sistem operasi Android setelah sebelumnya gagal dengan OS Windows.

Baca juga: Nokia Berambisi Bangkitkan Kejayaan untuk Salip Apple dan Samsung, Bagaimana Bisa?

Untuk merebut kejayaannya, dijelaskan Thanh memang membutuhkan banyak usaha meski nama Nokia memang tak lagi asing di kalangan pengguna ponsel. Apple sendiri di Vietnam terbilang serius dengan dibangunnya kantor di Ho Chi Minh City pada akhir tahun 2015.

Namun penjualan iPhone yang tak resmi justru lebih kuat ketimbang iPhone resmi di Vietnam. Data dari IDC sendiri tak termasuk dengan iPhone yang tidak resmi tersebut.

Sementara untuk penjualan di kuartal selanjutnya, diperkirakan Samsung dan Oppo akan tetap mendominasi. Posisi ketiga sendiri akan menjadi ajang perlombaan bagi Nokia, Sony, Apple, ViVo, dan lainnya. Demikian seperti dilansir Vietnam Net, Jumat (24/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini