nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Techno Trick: Nih! Cara Hapus Posting-an Lama yang Memalukan di Medsos Kamu

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 10:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 25 92 1820534 techno-trick-nih-cara-hapus-posting-an-lama-yang-memalukan-di-medsos-kamu-Q5trUrBQJc.jpg Ilustrasi Foto: Shutterstock

JAKARTA – Jika Anda pengguna media sosial (medsos) pasti pernah berkeluh kesah di Facebook dan Twitter. Namun, kini jika membaca tulisan-tulisan lama Anda, pastinya merasa malu bukan?

Seperti keluh kesah yang ditulis saat masih duduk di bangku sekolah, atau menunjukkan jati diri yang labil atau hal-hal yang memalukan lainnya, pasti sekarang rasanya Anda ingin menghapusnya karena malu.

Untuk itu, Twitter kini punya solusinya yakni dengan menggunakan fitur Advance Search, Anda bias memindai kata-kata ofensif atau memalukan dari cuitan lama.

Bila tak bisa mencari satu per satu, semua cuitan bisa dihapus dengan layanan seperti Tweet Deleter, Tweet Delete dan Twit Wipe.

Baca Yuk: Techno Trick: Ingin Transfer File PC dengan Cepat? Perhatikan Cara Ini!

Baca Yuk: Techno Trick: Nih! Cara Cepat Hapus Data Pribadi pada Smartphone yang Hilang

Namun, Facebook mempunyai sistem yang berbeda. Medsos itu dirancang untuk mengungkapkan sebanyak mungkin informasi pribadi, termasuk status update, pesan, foto dan like.

Caranya, pilih fitur Activity Log untuk melihat apa saja yang pernah Anda tulis pada Facebook. Scroll Timeline, lalu hapus semua yang menurut Anda bisa menyebabkan masalah kelak.

Tetapi, cara yang lebih efisien adalah mengunci profil dengan cara masuk ke Settings and Privacy, lalu pilih siapa saja yang bisa melihat post.

Sayang, ini tidak berpengaruh pada siapa pun yang bisa melihat post lama. Jika demikian, Anda bisa mengklik Limit Past Posts, lalu pilih Limit Old Posts dan pilih Confirm.

Begitupun dengan fitur, Tag Review yang juga berguna untuk mencegah orang-orang men-tag tanpa persetujuan. Di Settings, pilih Timeline dan Tagging lalu aktifkan kontrol review Timeline. Demikian dinukil dari ANTARA, Minggu (26/11/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini