Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wikipedia Kini Bisa Diakses Melalui Dark Web

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 16:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 26 207 1820818 wikipedia-kini-bisa-diakses-melalui-dark-web-BQPVvtyPfT.jpg (Foto: Digital Trends)

JAKARTA - Halaman Wikipedia kerap menjadi andalan pengguna internet untuk menggali informasi tertentu. Namun di beberapa negara, terdapat aturan yang melarang dan mempersulit pengguna internet untuk mengaksesnya.

Berangkat dari alasan tersebut, seorang pakar keamanan siber bernama Alec Muffet menciptakan versi lain Wikipedia. Ia membuat alamat halaman tersendiri sehingga bisa diakses di dark web yang merupakan "tempat terdalam" di dunia maya.

Alec menggunakan peramban (browser) bernama Tor. Ini adalah peramban yang dapat menyembunyikan identitas pengguna. Tor bekerja dengan memantulkan informasi pengguna melalui beberapa router di seluruh dunia untuk menyamarkan lokasi.

Baca juga: Akhirnya! Afghanistan Gratiskan Data untuk Akses Wikipedia

Oleh karena itu, peramban ini bisa diakses untuk menyelami dalamnya dark web yang penuh dengan kegiatan ilegal seperti jual beli obat-obatan terlarang, informasi pribadi pengguna internet, dan lainnya.

Meski demikian, sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Minggu (26/11/2017), keberadaan dark web cukup membantu bagi negara yang memiliki aturan ketat soal akses internet, di mana kebebasan berekspresi biasanya dibungkam.

Sayangnya langkah Alec yang membawa Wikipedia ke dark web, tak didukung oleh Wikimedia Foundation selaku pemilik layanan. Tapi Alec berharap perusahaan nirlaba tersebut bakal menggunakan solusinya atau membawa layanannya sendiri.

Baca juga: Ensiklopedia China Bakal Salip Kejayaan Wikipedia?

"Saya ingin menunjukkan pengalamannya kepada orang-orang, jadi ini bukan lagi sesuatu yang abstrak," kata Alec. "Saya akan senang jika Wikimedia menggunakan ini, atau bahkan meluncurkan solusi mereka sendiri," imbuhnya.

Agar tampil di dark web Alec menggunakan sistem bernama EOTK. Sistem itu dibuat secara open source sehingga siapapun bisa memanfaatkannya, termasuk Wikimedia. Namun untuk saat ini, alamat Wikipedia yang menggunakan domain Onion tersebut masih dalam tahap awal.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini