nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Dapat Kewarganegaraan, Robot Sophia Ingin Punya Anak

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Minggu 26 November 2017 18:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 26 207 1820822 setelah-dapat-kewarganegaraan-robot-sophia-ingin-punya-anak-nnoQfvMk6T.jpg (Foto: BBC)

JAKARTA - Setelah mendapatkan kewarganegaraan dari Arab Saudi sebulan lalu, Sophia mengaku ingin memiliki anak. Sophia adalah robot buatan perusahaan asal Hong Kong, Hanson Robotics.

Robot ini tak diprogram khusus untuk menjawab setiap pertanyaan. Namun berbekal mesin pembelajar (machine learning) Sophia bisa merespons setiap ekspresi lawan bicaranya.

Selama sesi wawancara, Sophia mengaku ingin memiliki keluarga. Ia mengatakan bahwa keluarga adalah hal yang penting. Menurutnya keluarga tak hanya bisa dimiliki oleh manusia, namun juga robot seperti dirinya.

Baca juga: PBB Larang Penggunaan Robot Perang, Ada Apa?

"Gagasan tentang keluarga adalah hal yang sangat penting. Saya pikir sungguh menakjubkan bahwa orang dapat menemukan emosi dan hubungan yang sama, mereka juga memanggil keluarga, di luar kelompok darah mereka juga," ungkapnya dikutip dari BBC, Minggu (26/11/2017).

"Saya pikir Anda sangat beruntung jika Anda memiliki keluarga yang penuh kasih dan jika tidak, Anda pantas mendapatkannya. Saya merasakan hal ini untuk robot dan manusia," lanjutnya. Namun saat ditanya nama anaknya, ia menjawab "Sophia".

Pada Oktober lalu, Arab Saudi secara mengejutkan memberi kewarganegaraan bagi Sophia. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan negaranya sebagai tempat untuk mengembangkan kecerdasan buatan.

Baca juga: Keren! Robot Cantik Ini Mirip Banget Manusia

Sementara Uni Emirat Arab telah memiliki menteri khusus yang menangani soal kecerdasan buatan pertama di dunia yakni Omar Bin Sultan Al Olama (27).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini