Wow! Spesies Baru Bunga Rafflesia Ditemukan di Indonesia

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 27 56 1821452 wow-spesies-baru-bunga-rafflesia-ditemukan-di-indonesia-PVAmkSAMRq.jpg (Foto: Susatya)

JAKARTA - Tim ilmuwan internasional dari Amerika Serikat dan Indonesia telah menggambarkan sebuah spesies baru tumbuhan berbunga genus Rafflesia, dari pulau Sumatera di Indonesia.

Rafflesia adalah genus tanaman holoparasit tanpa daun dan akar sejati. Beberapa spesies Rafflesia adalah bunga terbesar di dunia, di mana mereka dapat memiliki diameter hingga 1 meter dan berat 10 kilogram.

Baca juga: Wow! Ini Dia Nenek Moyang Tanaman Bunga

Saat mekar, bunga itu akan memancarkan bau yang tidak sedap, seperti daging busuk. Genus tersebut terdapat di wilayah barat Garis Wallace, di Asia Tenggara, dari Thailand hingga Indonesia dan Filipina. Dari 30 spesies, ada 14 spesies yang tumbuh di Indonesia.

Spesies yang baru ditemukan, bernama Rafflesia kemumu, muncul di beberapa daerah Indonesia di Provinsi Bengkulu. โ€œEmpat populasi Rafflesia kemumu muncul di daerah Palak Siring yang terdiri dari 2 hingga 12 kuncup bunga per populasi,โ€ kata seorang peneliti dari Universitas Bengkulu, Agus Susatya dan rekannya.

Baca juga: Peneliti Temukan Bunga Berusia 100 Juta Tahun, Nih Fotonya!

Spesies ini juga dilaporkan terdapat di daerah Kuro Tidur, yang juga merupakan bagian dari Hutan Lindung Bukit Daun dan di Hutan Produksi Ipuh, Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu Utara. Menurut tim tersebut, diameter bunga Rafflesia kemumu bisa mencapai 38-44 cm, dilansir dari Sci-News, Senin (27/11/2017).

Spesies tersebut dapat mekar pada bulan apapun, tidak tergantung pada musim. Namun, intensitas berbunga lebih sering pada Agustus hingga November dibandingkan bulan-bulan lainnya, serta jarang terjadi di Desember.

Berdasarkan observasi mereka, Susatya dan rekan penulis merekomendasikan untuk mendaftarkan spesies tersebut sebagai Critically Endangered atau Terancam Punah pada IUCN Red List of Threatened Species.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini