Berkat Frekuensi 2,3 GHz, Telkomsel Rambah 500 BTS LTE TDD

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 18:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 28 54 1822097 berkat-frekuensi-2-3-ghz-telkomsel-rambah-500-bts-lte-tdd-Nc3bzdqmmR.jpg (Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA - Telkomsel secara resmi telah memenangkan frekuensi 2,3 GHz dalam lelang yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tak menunggu waktu lama, operator seluler milik pemerintah itu telah memanfaatkan frekuensi yang diraihnya untuk meningkatkan layanan 4G.

Berkat frekuensi berteknologi TDD (Time Division Duplex) 2,3 GHz, pelanggan kini memiliki kemungkinan untuk mendapatkan pengalaman internet yang cepat. Tak hanya itu, pelanggan Telkomsel juga akan menikmati kualitas layanan yang lebih baik.

Baca juga: Waduh, Hacker Retas Situs Telkomsel

"Secara layanan ini 4G juga. Pembedanya experience-nya lebih cepat, misalnya dari naik bis kota menjadi express. Video yang tadinya lambat jadi cepat, resolusinya yang tadinya kurang menjadi lebih baik. (Intinya) lebih ke experience," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Telkomsel juga akan membangun 500 BTS LTE TDD demi mendukung layanan TDD 2,3 GHz. BTS tersebut akan dibangun secara bertahap di beberapa kota besar seperti Jabodetabek, Palembang, dan Bandung.

Di Jabodetabek sendiri, di mana penggunaan layanan datanya tinggi, pembangunan BTS telah dilakukan oleh Telkomsel dan ditargetkan rampung pada pertengahan Desember 2017. Tak hanya di di kota-kota tersebut, Telkomsel juga akan menggelar BTS LTE TDD di kota lainnya dengan kepadatan akses yang tinggi pada awal Januari 2018.

Baca juga: Menang Lelang 2,1 GHz, Tri Perkuat 50 Persen Kapasitas Jaringan Mulai 2018

Meski tambahan frekuensi 2,3 GHz ini menjanjikan internet yang lebih cepat, Ririek menegaskan hal ini tidak berdampak pada kenaikan tarif yang dibebankan kepada pengguna.

"Enggak ada pengaruhnya di tarif, yang biasanya terjadi kalau speednya makin banyak, makin besar, maka konsumsinya akan cenderung makin tinggi aja. Itu secara natural kita alami," jelas Ririek.

Ia juga menyatakan layanan 4G-nya yang diperkuat TDD 2,3 GHz berpotensi meningkatkan migrasi pelanggan 3G ke 4G.

"Kalau pelanggan yang pindah dari 3G ke 4G itu dia (biasanya) naik di sekitar 20-30% lah. Aku belum yakin pasti tapi potensialnya ada," ujarnya. (lnm).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini