nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tawarkan Akses Internet Cepat, Ini Bedanya Teknologi TDD dan FDD

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 28 November 2017 19:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 28 54 1822134 tawarkan-akses-internet-cepat-ini-bedanya-teknologi-tdd-dan-fdd-SNnrJSquOS.jpg (Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA - Telkomsel memperkuat layanan 4G nya dengan menggunakan frekuensi TDD (Time Division Duplex) 2,3 GHz. Sebagaimana diketahui, frekuensi tersebut diraih Telkomsel dalam lelang yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

TDD sendiri dinilai lebih unggul ketimbang FDD (Frequency Division Duplex) pada spektrum 900 MHz, 1.800 MHz, serta 2.100 MHz. Berkat TDD, pelanggan akan menikmati internet yang lebih cepat, dan kualitas video yang lebih baik.

Baca juga: Berkat Frekuensi 2,3 GHz, Telkomsel Rambah 500 BTS LTE TDD

Dijelaskan Indra, spektrum FDD menggunakan frekuensi yang berbeda ketika pengguna melakukan download atau upload. Alhasil terjadi perbedaan antara kecepatan saat download dan upload.

Sementara TDD menggunakan frekuensi yang sama baik untuk upload maupun download. Sehingga pelanggan memiliki kecepatan yang sama saat melakukan aktivitas tersebut.

"Bedanya dengan yang sekarang (TDD) upload dan download kecepatannya sama, FDD frekuensinya sama tapi gantian. Telkomsel sudah punya keduanya," kata Indra Mardiatna, Vice President Technology and System Telkomsel di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Baca juga: Waduh, Hacker Retas Situs Telkomsel

Kepemilikan FDD dan TDD juga memungkinkan Telkomsel untuk mengoptimalkan layanan 4G bagi pelanggan, misalnya saat spektrum TDD digunakan oleh banyak pengguna.

"Telkomsel punya spektrum FDD dan TDD yang besar. Saat pengguna butuh upload yang besar kita pakai FDD. Tapi saat butuh untuk download maka akan dioptimalkan dengan TDD," papar Bob Apriawan, Direktur Network Telkomsel.

Di Indonesia sendiri, baru Telkomsel yang menggunakan spektrum FDD serta TDD. Sementara di mancanegara seperti spektrum ini telah digunakan oleh seluruh operator sepeti di China, Jepang, Amerika Serikat, Eropa serta Afrika. Pasalnya TDD mendukung perusahaan dalam upaya keberlanjutan menuju 5G. (lnm)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini