Elon Musk Disebut Sosok Misterius di Balik Bitcoin, Apa Tanggapannya?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 30 November 2017 08:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 29 207 1822694 elon-musk-disebut-sosok-misterius-di-balik-bitcoin-apa-tanggapannya-YGcDCtVeMo.jpg (Foto: The Verge)

JAKARTA – Kepopuleran Bitcoin belakangan terus meningkat berkat harga jualnya yang terus meroket. Banyak yang bertanya-tanya siapakahsosok dibalik salah satu uang digital yang nilainya hingga ratusan juta per koin itu.

Sayangnya hingga saat ini sosok penemu bitcoin masih misterius. Santer rumor menyebutkan bahwa pencipta bitcoin adalah Satoshi Nakamoto. Meski namanya diketahui, orang yang memiliki identitas tersebut keberadaannya masih sangat misterius.

Kabar yang beredar kini menyebutkan bahwa Elon Musk adalah orang dibalik terciptanya bitcoin. Kabar itu bahkan beredar di beberapa situs mata uang kripto, dimana Musk disebut merupakan Satoshi Nakamoto yang selama ini misterius.

Baca: Nilai Tukar Bitcoin Tembus Rp128 Juta per Koin

Namun hal itu dibantah oleh pendiri Tesla dan SpaceX tersebut. Dalam akun Twitter-nya Musk mengatakan bahwa klaim itu tidaklah benar.

“Tidak benar. Seorang teman memberitahu saya sosok dari BTC (bitcoin) beberapa tahun, tapi saya tidak tahu dimana tempatnya,” tulis Musk.

Posting-an Musk tersebut menanggapi sebuah posting di Medium dimana penulis bernama Sahil Gupta membawa gagasan bahwa Musk adalah orang dibalik Bitcoin. Menurut Gupta, bahwa berdasarkan sejarah inovasi Musk di bidang teknologi, pemahamannya tentang ekonomi dan kriptografi serta kemampuan pengkodeannya, ada kemungkinan Musk adalah penulis dokumen asli yang mengusulkan sistem kas elektronik peer-to-peer.

Baca juga: OKEZONE INNOVATION: Lahirnya Bitcoin sebagai Mata Uang Elektronik, Nih Sejarah Singkatnya!

Spekulasi ini muncuk saat valuasi bicoin melambung dan memunculkan peringatan atas lonjakan aset. Nilai bitcoin diketahui terus meroket lebih dari 10 kali lipat di tahun ini, dan telah melonjak 20% hanya dalam tiga bulan terakhir ini.

Nilai total bitcoin yang beredar saat ini bahkan telah melebihi nilai pasar saham perusahaan termasuk Boeing, McDonald's dan Disney. Sayangnya orang dibalik uang digital ini tak juga terungkap. Demikian seperti dilansir The Guardian, Kamis (30/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini