Unik! Teknologi Ini Deteksi Orang Lain yang Mengintip Ponsel Pengguna

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 29 November 2017, 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 29 207 1822768 unik-teknologi-ini-deteksi-orang-lain-yang-mengintip-ponsel-pengguna-BvyA2DN0Ie.jpg (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Bayangkan jika Anda sedang asyik mengobrol di WhatsApp, Telegram, atau layanan perpesanan. Kemudian tiba-tiba seseorang mengintip oborolan tersebut dari belakang.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika obrolan tersebut bersifat rahasia, pribadi dan cukup memalukan untuk dilihat orang lain. Peneliti di Google mencoba memberikan solusinya melalui sistem anti-tukang intip.

Sistem yang dinamakan "electronic screen protector" tersebut dapat memberikan peringatan saat orang asing mengintip ke layar smartphone pengguna. Sistem tersebut dibuat oleh Florian Schroff dan See Jun Ryu.

Baca juga: Keren! Tanaman "Disulap" Miliki Sensor Penanda Radiasi

Keduanya akan memamerkan sistem buatannya dalam ajang konferensi Neural Information Processing System (NIPS). Ajang tersebut bakal digelar pekan depan di California.

Mengutip halaman Phone Arena, Rabu (29/11/2017), "electronic screen prptector bekerja dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran mesin dan kamera depan untuk memindai wajah si tukang intip.

Sistem akan mendeteksi jika terdapat orang lain alias bukan pemilik yang menatap ke layar smartphone. Setelah itu akan muncul peringatan bahwa privasi pengguna sedang terancam secara real time.

Baca juga: Google Bikin Ponsel Android Edisi Khusus YouTube, Seperti Apa?

Dari demo yang diunggah di halaman YouTube, tampaknya teknologi tersebut mampu mendeteksi tatapan mata dalam 2 milidetik, atau lebih cepat dibandingkan pemindai wajah yang bisa mendeteksi selama 47 milidetik.

Peneliti mengatakan, sistemnya dapat bekerja dengan baik di segala kondisi pencahayaan dan bisa mengenali banyak pose wajah.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini