Ilmuwan Kembangkan Otot Buatan untuk Perkuat Gerakan Robot

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 29 November 2017, 19:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 29 56 1822688 ilmuwan-kembangkan-otot-buatan-untuk-perkuat-gerakan-robot-lbZZx3mNfR.jpg (Foto: Engadget)

JAKARTA – Berbagai robot telah banyak dikembangkan oleh para ilmuwan. Namun untuk robot yang dibangun dengan bahan yang lunak, seringkali mereka tidak sekuat robot yang kaku.

Hal ini mengantarkan pada gagasan untuk mengembangkan otot tiruan yang murah yang dirancang untuk memberikan kekuatan pada robot berbahan lembut.

Otot buatan dikembangkan oleh tim dari Wyss Institute di Harvard University dan Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL) MIT. Tim ini hanya menggunakan tekanan udara atau air untuk membantu robot berbahan lunak dalam mengangkat benda bahkan hingga seribu kali bobotnya sendiri.

Baca: Mantan Insinyur Google Rancang "Robot Tuhan" Demi Lengkapi Agama AI

Otot buatan ini juga memungkinkan robot untuk membungkuk dengan mode yang lentur tak sekaku root pada umumnya.

Otot buatan terdiri dari kerangka dalam yang bisa dibuat dari berbagai bahan termasuk metal coil, atau folded plastik dan dikelilingi oleh udara atau cairan. Gerakan otot dipicu saat vakum dibuat dalam kulit yang rapuh di sekitar kerangka, menyebabkan ketegangan pada struktur yang berakibat pada pergerakan.

Jenis gerakan dikendalikan oleh bentuk kerangka yang artinya pemrosesan sistem dan algoritma kontrol yang kompleks kemungkinan melebihi persyaratan.

Baca juga: Setelah Dapat Kewarganegaraan, Robot Sophia Ingin Punya Anak

“Salah satu aspek kunci dari otot –otot ini adalah bahwa mereka dapat diprogram, dalam artian merancang kerangka lipatan mendefinisikan bagaimana keseluruhan struktur bergerak,” jelas Shuguang Li, Ph.D, seorang Fellow Postdoctoral di Institut Wyss dan CSAIL MIT.

“Anda pada dasarnya mendapatkan gerakan itu secara Cuma-Cuma tanpa memerlukan sistem kontrol,” imbuhnya.

Para peneliti telah membangun sejumlah robot lunak yang berbeda untuk menunjukkan kemampuan otot buatan yang mereka kembangkan. Mereka melaporkan bahwa otot buatannya ringan dan sangat kuat. Mereka juga mengklaim bahwa satu aktuator 2.6 gram mampu mengangkat benda seberat 3 kilogram. Demikian seperti dilansir New Atlas, Rabu (29/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini