Andy Rubin Diam-Diam Cuti dari Essential, Ada Apa?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 30 November 2017, 11:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 30 207 1823026 andy-rubin-diam-diam-cuti-dari-essential-ada-apa-sV0t2cSkJu.jpg (Foto: Getty Images)

CALIFORNIA Andy Rubin diam-diam absen dari startup smartphone besutannya – Essential. Para karyawan bahkan tak mengetahui kabar terkait cutinya Bapak Android tersebut.

Kabar ini mencuat bertepatan dengan sebuah laporan yang menyebutkan bahwa Rubin meninggalkan Google setelah penyelidikan internal terkait perilakunya. Untuk diketahui, Andy Rubin merupakan mantan eksekutif di Google namun memutuskan untuk hengkang.

Baca: OKEZONE STORY: Kisah Andy Rubin, Bapak Android yang Tak Sengaja Dipertemukan dengan Bos Google

Juru bicara Essential, Shari Doherty sendiri tak menyebutkan kapan Rubin akan mengakhiri masa cutinya. Ia hanya mengatakan bahwa Rubin cuti untuk menyelesaikan urusan pribadinya.

“Pada pertemuan dewan rutin terakhir kami yang dijadwalkan awal November, (Rubin) meminta cuti untuk menangani masalah pribadi,” kata Doherty dalam sebuah pernyataan melalui email.

Sementara Rubin cuti, kepemimpinan operasional sehari-hari akan dipimpin oleh Niccolo de Masi.

“Dewan telah setuju dan presiden kami, Niccolo de Masi akan terus menjalankan operasi sehari-hari di Essential,” imbuhnya.

Rubin sendiri hengkang dari Google pada 2014 setelah sebuah penyelidikan menemukan bahwa ia memiliki hubungan yang tak pantas dengan bawahan perempuan sebagaimana dilaporkan The Information. Keluhan dari perempuan tersebut kemudian mendorong Google untuk menindaknya.

Meski begitu laporan ini belum mendapat konfirmasi dari berbagai pihak. Rubin sebelumnya mengatakan bahwa dirinya berniat untuk investasi lebih gencar dalam proyek robotika.

Baca juga: Waduh! Data Pelanggan Essential Bocor, Andy Rubin Angkat Bicara

Disisi lain Google menolak untuk memberikan komentarnya.

“Hubungan apapun yang dimiliki Rubin saat di Google adalah consensual dan tidak melibatkan orang yang melaporkan padanya. Rubin tidak pernah diberi tahu oleh Google bahwa ia terlibat dalam tindakan yang salah, baik saat di Google ataupun setelah itu,” kata Michael Sitrick, juru bicara Andy Rubin.

Sementara terkait masalah pribadi yang membuat Rubin cuti, Sitrick enggan membarikan komentarnya. Demikian seperti dilansir Reuters, Kamis (30/11/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini