Google Luncurkan Aplikasi Penghemat Internet Datally

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 30 November 2017, 13:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 30 207 1823114 google-luncurkan-aplikasi-penghemat-internet-datally-P5bBRSVnxW.jpg (Foto: Moch Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Google meluncurkan aplikasi penghemat data bernama Datally. Ini adalah aplikasi manajemen guna memantau dan mengontrol penggunaan kuota di smartphone Android. Selain itu terdapat fitur lain yang bisa dimanfaatkan untuk mencari lokasi hotspot internet.

Datally terlahir dari tim Next Billion Users, Google, dengan tujuan untuk memperluas jangkauan pengguna internet di negara berkembang seperti Brasil, Indonesia, dan Filipina.

Menurut Vice President Next Billion Users Caesar Sengupta, di negara berkembang masih terdapat beberapa tantangan yang masih menjadi kendala dalam perluasan internet seperti harga data yang mahal, serta kurangnya pemahaman menggunakan data internet.

Baca juga: Google Hapus Tiang Listrik Setya Novanto di Aplikasi Maps

"Ada beberapa tantangan memperluas internet yang jadi masalah di negara berkembang seperti spesifikasi smartphone yang belum memadai, kemudian kadang juga harganya mahal, dan masih bingung cara memanfaatkannya," ujarnya di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Dengan Datally, Caesar mengklaim bahwa pengguna bisa menghemat kuota internet hingga 30%. Ini karena aplikasi tersebut bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Pengguna juga bisa memantau setiap penggunaan kuota internet dalam periode tertentu semisal dalam per bulan atau per minggu. Kemudian mereka juga dapat mencari lokasi wifi terdekat melalui fitur pencariannya.

Baca juga: Google Rancang Laptop dengan Fitur Engsel Otomatis

Dalam sistem pencarian wifi ini, pengguna Datally bisa berbagi informasi mengenai kualitas koneksi wifi di suatu tempat. Dengan begitu mereka bisa memilih atau memberikan rekomendasi kepada pengguna lainnya.

Datally sudah tersedia di toko Google Play Store secara global dengan file berukuran 6 MB. Aplikasi ini bisa digunakan pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini