Bos Apple Music: Spotify Tak Ada Apa-apanya Ketimbang Amazon dan Google

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 30 November 2017, 14:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 30 207 1823170 bos-apple-music-spotify-tak-ada-apa-apanya-ketimbang-amazon-dan-google-KjOLr2J5hO.jpg (Foto: FilmMagic)

CUPERTINO – Era digital membuat semua konten menjadi lebih mudah untuk didapatkan, baik itu musik ataupun video. Kini bahkan Anda tak perlu lagi membeli kaset CD atau DVD untuk medapatkan konten video maupun musik yang diinginkan.

Sebagai gantinya, Anda hanya perlu berkunjung ke sebuah situs atau menggunakan aplikasi untuk melakukan streaming dan menikmati konten-konten kesukaan Anda. Namun rupanya meski streaming banyak digunakan pengguna, layanan ini terbilang belum menghasilkan keuntungan.

Baca: Apple Music Siapkan Strategi untuk Salip Spotify, Nih Caranya!

Hal ini diakui oleh Jimmy Iovine yang merupakan pimpinan di Apple Music, serta veteran insustri musik. Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Iovine menyebutkan bahwa streaming musik sebenarnya tidak sedikitpun menghasilkan uang.

“Layanan streaming memiliki situasi yang buruk, tidak ada margin, dan mereka tidak menghasilkan uang,” katanya.

Ia juga menyebut bahwa layanan streaming seperti Spotify bisa menjadi masalah karena tidak seperti Apple, Amazon atau Google yang memiliki layanan lain untuk dijual.

Baca juga: Demi Layanan Streaming Musik, Apple Jalin Kemitraan dengan Warner Music

“Amazon menjual Prime, Apple menjual ponsel dan iPad. Spotify, mereka harus mencari cara agar penonton bisa membeli barang lain. Jika besok Jeff Bezos berkata ‘Anda tahu apa?’ dan seseorang berkata ‘Mengapa kita tidak mencoba untuk (membuat) musik?’ Wow, coba tebak apa yang terjadi,” katanya menggambarkan.

Menurutnya bisnis streaming bukanlah bisnis yang hebat, tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan perusahaan besar seperti Amazon, Apple dan Google.

“Tentu saja ini adalah bagian kecil dari bisnis mereka, sangat keren, tapi Spotify adalah stau-satunya yang berdiri sendiri bukan? Jadi mereka harus mencari cara untuk menunjukkan jalan demi mewujudkan bisnisnya,” kata Iovine memungkas. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini