3 Aplikasi Penghemat Data di Android, Nomor 3 Baru Diperkenalkan

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 30 November 2017, 18:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 30 207 1823251 3-aplikasi-penghemat-data-di-android-nomor-3-baru-diperkenalkan-Q0jZJ5QGLv.jpg (Foto: PCMag)

JAKARTA – Layanan data memungkinkan seseorang terhubung ke internet sehingga menjadi layanan yang sangat digandrungi saat ini. Pasalnya, hampir semua komunikasi dan aktivitas manusia kini terhubung oleh internet.

Seiring meningkatnya penggunaan internet oleh pengguna, maka kebutuhan data pun terus bertambah. Apalagi konten yang menarik dan banyak diakses mencakup foto serta video yang banyak mengkonsumsi data.

Sayangnya, pengguna amat jarang memonitor penggunaan data, sehingga mereka seringkali mendapati kuota datanya habis hingga tak lagi dapat mengakses internet.

Mengatasi hal tersebut beberapa developer mengembangkan aplikasi yang dapat membantu pengguna menghemat kuota data. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 3 aplikasi penghemat data di Android.

My Data Manager

Aplikasi ini akan melacak seberapa banyak data yang telah Anda gunakan untuk menjelajah internet. My Data Manager juga akan memberikan informasi terkait aplikasi apa saja yang paling banyak menguras data.

Dengan aplikasi ini, Anda memiliki kemampuan untuk memonitor penggunaan data, dan memanfaatkan data dengan bijak ketika kuota semakin menipis. Ana juga bisa mensortir aplikasi yang sekiranya tak begitu Anda butuhkan demi menghemat data Anda.

Opera Max

Opera Max juga dirancang untuk menjadi aplikasi penghemat data. Aplikasi ini cukup cerdas bahkan mampu menghemat kuota data Anda hingga 50%.

Cara kerjanya, Opera Max akan mengkompres data dari internet sesaat sebelum data tersebutdi terima smartphone Anda. Menariknya aplikasi ini juga dapat memberikan saran terkait cara terbaik untuk mengurangi data tak perlu, menghemat data dan melindungi privasi.

Tak hanya itu, Opera Max mampu memblokir komunikasi data aplikasi tertentu termasuk mematikan iklan yang marak di internet serta gam-game gratis.

Datally

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang baru saja diluncurkan oleh Google. Serupa dengan aplikasi sebelumnya, Datally memungkinkan Anda untuk memantau dan memonitor penggunaan data secara berkala agar Anda bisa menghemat kuota.

Aplikasi penghemat data ini bahkan diklaim mampu menghemat data pengguna hingga 30% karena bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalann di background. Fitur unggulan lainnya yakni Datally mampu membantu Anda menemukan lokasi hotspot internet yang tentunya akan menghemat data Anda dalam berselancar di dunia maya. (lnm).

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini