Samsung Umbar Paten Fingerprint di Layar, Fitur untuk Galaxy S9?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 30 November 2017, 15:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 30 57 1823217 samsung-umbar-paten-fingerprint-di-layar-fitur-untuk-galaxy-s9-McsfjDVwAn.jpg (Foto: Ubergizmo)

SEOUL – Pemindai wajah nampaknya kini tengah menjadi fitur yang banyak dkembangkan oleh berbagai vendor smartphone. Pasalnya Samsung dan Apple telah memulai debutnya dengan menghadirkan teknologi kemanan tersebut.

Meski terbilang paling canggih untuk saat ini, Samsung nampaknya masih tertarik untuk mengembangkan pemindai sidik jari yang diterapkan pada layar. Kabar ini tentu bukan muncul kali ini saja, namun sejauh kabar itu hanya sebuah rumor.

Baca: Baterai Galaxy S9 Terisi Penuh dalam Waktu 12 Menit, Pakai Teknologi Apa?

Menariknya kini rumor itu menguat karena Samsung telah diberi hak paten yang menggambarkan pemindai sidik jari ditempatkan di layar. Paten ini sebelumnya diajukan Samsung ke World Intellectual Property Organization (WIPO) pada April lalu.

Secara keseluruhan, paten tersebut menunjukkan bahwa smartphone dapat memiliki hingga 12 titik tekanan di seluruh layar untuk sidik jari, sehingga memungkinkan aplikasi, kontak, dan pesan tetap aman.

Sejauh ini sendiri fingerprint biasanya disematkan di luar layar misalnya dibagian bawah layar atau dibagian belakang ponsel.

Baca juga: Fitur Pemindai Wajah Galaxy S9 Bakal Ditingkatkan Demi Saingi iPhone X

Dengan hak paten yang diberikan kepada Samsung, mengisyaratkan bahwa perusahaan akan hadir dengan teknologi fingerprint di layar. Laporan terbaru bahkan menyebutkan bahwa Galaxy S9 akan kebagian lebih dulu dalam mengusung teknologi fingerprint di layar.

Meski begitu, beberapa kalangan menyebut Galaxy S9 akan mengusung pemindai iris atau wajah. Sayangnya raksasa teknologi Korea Selatan itu tak belum memberikan informasi apapun terkait paten ini. Demikian seperti dilansir Ubergizmo, Kamis (30/11/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini