Aplikasi Anti-Hoax Besutan 3 Mahasiswa Indonesia Juarai Event AICTA

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 01 Desember 2017, 15:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 01 207 1823670 aplikasi-anti-hoax-besutan-3-mahasiwa-indonesia-juarai-event-aicta-xj0jvQMwC1.jpg (Foto: Kominfo)

SIEM REAP - Tim Cimol "Hoax Analyzer” mendapatkan Gold Award pada perhelatan Asean ICT Awards 2017 (AICTA) dalam perhelatan ASEAN Telsom/Telmin yang digelar 27 November sampai dengan 1 Desember 2017 di Siem Reap, Kamboja.

Melalui keterangan resmi Biro Humas Kominfo pada Jumat (1/12/2017), pada ajang AICTA, Indonesia mengirimkan satu tim yaitu Tim CIMOL dengan hasil karyanya aplikasi “Hoax Analyzer” yang masuk dalam kategori Research and Development (R&D).

Hasil penjurian telah menempatkan “Hoax Analyser” mendapatkan penghargaan GOLD sebagai juara pertama untuk kategori R&D tersebut. Tim Cimol "Hoax Analyzer" adalah Tim 3 Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Adinda Budi Kusuma Putra dan Feriyandi Nurdiantoro serta Tiffany.

Pada ajang ini Tiffany tidah hadir karena sedang belajar paska sarjana di Jepang. Awards Gold kepada Tim Cimol ini sangat paripurna karena mendapatkan keunggulan 9 Juri dari 12 Juri yang memberikan penilaian.

Baca juga: Wah, Mahasiswa ITB Ciptakan Aplikasi untuk Cek Berita Hoax

Peserta tahap final dalam kategori R&D diikuti oleh 3 Peserta dari 2 negara yaitu 1 peserta Indonesia dan 2 peserta Thailand, sehingga Awards Silver dan Bronze diberikan kepada 2 peserta Thailand.

AICTA merupakan inisiatif yang digagas oleh Menteri-Menteri Telekomunikasi se-ASEAN. Inisiatif ini sejalan dengan salah satu dari 6 langkah strategi ASEAN yang tercantum pada ASEAN ICT Masterplan (AIM) yaitu promosi, inovasi dan kerjasama antara pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan lembaga lainnya.

Terdapat 6 kategori dalam kompetisi AICTA yaitu Public Sector, Private Sector, Coorporate Social Responsibility, Digital Content, Startup Company dan Research and Development. Pada tahun ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika mengirimkan 1 peserta yaitu Hoax Analyzer dari Tim CIMOL pada kategori Research and Development.

Baca juga: Aplikasi Perangi Berita Hoax Karya Anak Bangsa Menang di Final Imagine Cup Asia Tenggara

Dari 6 Kategori dalam AICTA dan setelah melalui proses penjurian final pada 30 November tersebut diperoleh pemenang Gold yaitu Kamboja mendapatkan 3 Gold, Indonesia 1 Gold, Singapura 1 Gold dan Laos 1 Gold. Ajang final AICTA diikuti oleh peserta-peserta 6 Negara yaitu Indonesia, Kamboja, Laos, Singapura, Thailand dan Vietnam yang masuk sampai ke tahap final, sedangkan peserta-peserta 4 negara lain yaitu Brunei, Filipina, Malaysia dan Myanmar tidak masuk sampai ke tahap final.

Peserta Indonesia yang Lolos sampai tahap final 1 Peserta Tim Cimol di antara 15 peserta Indonesia lainnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini