Suhu di Planet Mars Ternyata Lebih Dingin Ketimbang Bumi

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Sabtu 02 Desember 2017, 00:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 01 56 1823813 suhu-di-planet-mars-ternyata-lebih-dingin-ketimbang-bumi-zAvMGezKbU.jpg (Foto: Ted)

JAKARTA - Planet Mars memiliki suhu yang lebih dingin dari Bumi. Selain itu planet tersebut juga memiliki atmosfer yang tipis dan mengandung 95% karbon dioksida. Atmosfer di Mars diketahui 100 kali lebih tipis dibandingkan di Bumi.

Robot penjelajah NASA, Curiosity, memperkirakan temperatur di Mars memiliki suhu tertinggi 44 derajat fahrenheit atau 6 celcius derajat, saat waktu sore. Sementara suhu rata-rata di sana minus 80 derajat fahrenheit atau minus 60 derajat celsius.

Saat musim salju melanda Mars, temperaturnya menurun menjadi minus 195 derajat fahrenheit atau minus 125 derajat celsius. Pada musim panas, suhu di Mars hanya sampai 70 derajat fahrenheit atau 20 derajat celsius.

Baca juga: Miliki Pola Unik, Inikah Bukti Air Mengalir di Permukaan Mars?

"Itulah yang kita lihat saat ini bahwa tingkat kehangatan temperatur selama siang hari sangat mengejutkan dan menarik (untuk diteliti)," kata Felipe Gomez dari Centro de Astrobiologia di Madrid, Spanyol, dikutip dari Space, Sabtu (2/11/2017).

Embun beku terbentuk saat malam hari di sekitar bebatuan di permuakaan Mars, tapi saat fajar tiba suhunya mulai menghangat sehingga embun tersebut menguap. Selama proses evaporasi, tingkat kelembapan bisa mencapai 100%.

Dengan kelembapan yang tinggi, peluang Mars untuk bisa dihuni oleh koloni manusia semakin besar. Tapi proses penguapan itu hanya terjadi di pagi hari saja.

Baca juga: Peneliti Temukan Tanda Kehidupan Lain di Mars, Benarkah?

Di Bumi, uap air dibutuhkan oleh makhluk yang berada di daerah kering. Misalnya, lumut biasanya memanfaatkan suhu lembab agar bisa bertahan. Tapi ada pula jenis lumut yang dapat bertahan di kelembapan yang rendah di bawah 70%.

Sementara itu penelitian lain telah menunjukkan bahwa bentuk lumut Antartika dapat beradaptasi dengan kehidupan di bawah kondisi Mars yang disimulasikan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini