Bila Ponsel Terlanjur Basah Kehujanan, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 02 Desember 2017, 10:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 01 92 1823827 bila-ponsel-terlanjur-basah-kehujanan-ini-yang-perlu-diperhatikan-LjAIwCJrC2.jpg (Foto: Droid-life)

JAKARTA - Smartphone merupakan benda kesayangan yang hampir setiap saat digenggam. Oleh karena menjadi perangkat yang sering dibawa bepergian, terkadang pengguna pun membawanya ketika sedang dalam perjalanan, bahkan ketika hujan.

Salah satu cara paling aman mencegah ponsel basah ialah memasukkannya ke dalam tas atau kantung plastik. Akan tetapi, bila tiba-tiba hujan datang dan ponsel terlanjur terkena basah, berikut ini beberapa hal yang pengguna perhatikan.

Baca juga: Tips Membuat Smartphone Jadi Tahan Air

Segera Keringkan Ponsel

Apabila ponsel basah, maka keluarkan atau hilangkan seluruh air yang menempel pada bodi ponsel. Bila perlu, lepas casing dan baterai, dan mulailah mengeringkan bagian dalam ponsel dengan tisu atau kain kering. Jangan menggunakan hairdryer yang bisa merusak komponen smartphone.

Jangan Hidupkan Ponsel

Bila ponsel terlanjur kuyup, sebaiknya pengguna tidak menyalakannya. Dalam keadaan basah, berbahaya bagi handset apabila dinyalakan karena bisa merusak komponen kelistrikan.

Baca juga: Ponsel Tahan Air Bisa Dipakai Selfie dalam Air

Lepas Baterai

Setelah mematikan ponsel, segera cabut baterai ponsel. Melepas baterai membuat ponsel lebih aman karena betul-betul menghentikan aliran listrik yang mungkin terjadi di dalam ponsel.

Manfaatkan Beras

Bila pengguna tidak menemukan gel silica yang bisa dipakai untuk menyerap air, pengguna bisa memanfaatkan beras. Caranya, masukan handset yang basah ke dalam plastik atau toples, kemudian isi dengan beras sampai penuh. Diamkan minimal selama satu hari.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini