Tragis! Seekor Hiu Mati Setelah Memangsa Ikan Buntal

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Minggu 03 Desember 2017, 00:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 02 56 1824132 tragis-seekor-hiu-mati-setelah-memangsa-ikan-buntal-8v5HANxv4t.jpg (Foto: Live Science)

JAKARTA - Seekor hiu ditemukan mendekat ke tepi di perairan dekat Maladewa. Hewan itu pertama kali ditemukan oleh seorang tukang kebun di resort Amila Fushi, Maladewa.

Hiu berjenis lemon tersebut diketahui sedang berusaha menelan ikan buntal yang disebut porcupine fish (ikan landak). Ikan jenis ini biasanya mengembangkan tubuhnya seperti balon disertai duri-duri tajam saat terancam.

Dikutip dari Live Science, Minggu (3/12/2017), hiu lemon telihat meronta-ronta, namun saat didekati oleh tukang kebun ternyata telah mati. Ia mati dengan ikan buntal berada di dimulutnya.

Baca juga: Terungkap! Ilmuwan Pecahkan Misteri 'Monster" Yeti

Hiu lemon muda memang memang sering berkunjung ke perairan dangkal di kawasan Baa Atoll. Di kawasan tersebut banyak pula ditemukan populasi ikan buntal berukuran besar. Diduga hiu tersebut mati karena tertusuk duri dari ikan buntal.

Sebenarnya ikan hiu mampu memuntahkan mangsa yang telah ditelannya. Informasi tersebut didapat dari penelitian pada 2011 di Jurnal Florida Scientist.

Baca juga: Wow! Spesies Baru Bunga Raflesia Ditemukan di Indonesia

Mengenai hiu lemon nahas tersebut, ikan buntal diduga mengembangkan tubuhnya saat akan dimuntahkan dan dengan durinya ia tersangkut sehingga menyumbat pengeluaran air yang mengakibatkan hiu tewas seperti tercekik.

Kejadian tersebut diketahui berlangsung pada 21 April lalu.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini