Prosesor Generasi Baru Indikasikan Peluncuran Galaxy S9

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 03 Desember 2017 17:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 03 57 1824458 prosesor-generasi-baru-indikasikan-peluncuran-galaxy-s9-5JAH09MWQU.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Galaxy S9 tampaknya akan menjadi rilis besar berikutnya oleh Samsung. Belum diketahui pasti kapan handset tersebut akan diluncurkan.

Dilansir Express, Minggu (3/12/2017), Samsung dikabarkan memulai produksi prosesor generasi baru yang disebut-sebut akan mendukung smartphone baru, S9. Dalam pernyataannya, Samsung mengonfirmasi produksi massal dari System-on-Chip (SoC) yang dibangun pada generasi kedua 10-nanometer FinFET.

Perusahaan asal Korea Selatan ini mengungkapkan bahwa chip ini akan dipakai pada perangkat digital yang dijadwalkan meluncur awal tahun depan. Diharapkan chip tersebut akan tersedia lebih luas sepanjang tahun.

Baca juga: Samsung Umbar Paten Fingerprint di Layar, Fitur untuk Galaxy S9?

"Kami akan dapat melayani pelanggan kami dengan lebih baik melalui migrasi dari 10LPE ke 10LPP dengan kinerja yang lebih baik dan hasil awal yang lebih tinggi," kata Ryan Lee, wakil presiden Pemasaran Foundry di Samsung Electronics.

Ia lebih lanjut mengatakan, Samsung dengan strategi proses 10nm yang bertahan lama akan terus bekerja dalam evolusi teknologi 10nm hingga 8LPP untuk menawarkan keunggulan kompetitif berbagai aplikasi untuk pengguna.

Baca juga: Samsung Galaxy S9 Hadang iPhone dengan Tiga Varian Baru, Benarkah?

Seiring dengan semakin cepat performa prosesor terbaru ini, maka diharapkan akan memberikan 15 persen lebih efisien. Sehingga, S9 dan perangkat lain yang diluncurkan pada 2018, dapat meningkatkan daya tahan baterai.

Samsung kabarnya juga akan menggunakan prosesor Snapdragon 845 Qualcomm yang baru di beberapa perangkat terbarunya.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, rumor menyebutkan bahwa Samsung akan merilis tiga jajaran smartphone Galaxy S9. Sebagaimana diketahui, Samsung biasanya merilis dua model untuk smartphone barunya seperti S8 dan S8+. Namun untuk Galaxy S9, Samsung disebut akan meluncurkan tiga varian

Varian ketiga disebut-sebut menggunakan versi mini sebagaimana strategi yang pernah dilakukan Samsung sebelumnya. Ini juga menyiratkan bahwa seluruh jajaran S9 nantinya akan dibekali Infinity Display dan varian ketiga dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

Strategi ini terbilang sukses hingga ditiru oleh Apple, vendor smartphone pesaing Samsung. Raksasa teknologi asal Cupertino itu pernah merilis iPhone SE untuk iPhone yang memiliki ukuran lebih kecil yang pertama kali dirilis bersama iPhone 6, flagship Apple saat itu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini