Unik! Ditemukan Ikan Mungil di Kedalaman Laut 8.000 Meter

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 04 56 1825082 unik-ditemukan-ikan-mungil-di-kedalaman-laut-8-000-meter-eFuv7qDXbc.jpg (Foto: Adam Summers/University of Washington)

JAKARTA - Ikan yang tampak rentan sepertinya tidak tepat berada di lautan terdalam yang gelap dan dingin, dengan mayoritas penghuninya adalah spesies ikan aneh dan mengerikan. Tak banyak makhluk yang dapat bertahan di sana, terdapat banyak predator pula di wilayah tersebut.

Kini, untuk pertama kalinya, para ilmuwan telah mengumpulkan spesimen seekor makhluk yang tidak biasa. Ikan bernama Mariana snailfish berenang di Palung Mariana, dekat Guam, pada kedalaman sekira 26.200 kaki atau 8.000 meter.

Tubuh snailfish yang kecil, berwarna merah muda, dan tanpa sisik tampaknya tidak mampu bertahan di lingkungan yang mengerikan seperti itu. Namun, menurut penelitian para ilmuwan, hewan itu ternyata mendominasi ekosistem di sana.

Baca juga: Hiii.. Ini Deretan Ikan Terseram yang Ada di Laut Terdalam

Ikan dengan nama ilmiah Pseudoliparis swirei itu berada pada laut terdalam dibandingkan ikan lainnya. Dengan tidak adanya pesaing, ia dapat dengan bebas melahap mangsa invertebrata yang berlimpah di parit tersebut.

Palung Mariana terdapat di laut yang amat dalam, gelap dingin, bernama “zona hadal”. Daerah itu sebagian besar terdiri dari parit laut dan membentang dari kedalaman 6.000 hingga 11.000 meter.

Wilayah tersebut juga memiliki tekanan yang tak tertandingi. Di bagian bawah Palung Mariana yang berbentuk corong, tekanannya mencapai 15.750 per inci persegi.

Baca juga: Lucu! Ikan Ini Tersenyum ke Kamera saat Peneliti Menyelam

Meskipun begitu, snailfish mampu bertahan baik-baik saja di bawah tekanan yang menghancurkan tersebut. Ada lebih dari 300 spesies dalam keluarga snailfish yang menghuni berbagai kedalaman laut, menurut Alaska Fisheries Science Center (AFSC).

Sebelumnya, para ilmuwan telah mengumpulkan snailfish di beberapa kedalaman, tetapi belum melakukan pengamatan lebih lanjut. Terdapat 38 spesimen yang dikumpulkan selama ekspedisi pada 2014 dan 2017.

Para ilmuwan mengumpulkan snailfish yang berukuran 89 sampai 235 milimeter. Ikan yang lebih besar memiliki lebih banyak barisan gigi dan lebih banyak gigi per baris. Matanya kecil dan tubuh mereka berwarna merah muda-putih, dengan organ dan otot internal yang terlihat melalui kulitnya yang tak bersisik.

Adam Summers, seorang profesor di UW sekaligus ilmuwan yang melakukan CT-scan terhadap snailfish mengungkapkan bahwa melihat makhluk penghuni lautan terdalam merupakan hal yang amat jarang, terlebih untuk menangani serta memeriksanya lebih dekat adalah hal yang luar biasa. Demikian dilansir dari Live Science, Senin (4/12/2017).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini