Dua Orang Kembar Ini Jadi Miliuner Berkat Bitcoin, Kok Bisa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017, 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 05 207 1825285 dua-orang-kembar-ini-jadi-miliuner-berkat-bitcoin-kok-bisa-VQdlHkavdZ.jpg (Foto: The Independent)

JAKARTA - Cameron dan Tyler Winklevoss adalah dua orang kembar identik yang kini mejadi miliuner berkat investasi bitcoin. Kesuksesan mereka berdua tak lepas dari kisah gugatannya kepada Mark Zuckerberg pada 2004 silam.

Cameron dan Tyler menggugat karena menuduh Zuckerberg telah mencuri ide pembuatan website jejaring sosial. Sayangnya gugatan mereka berdua tak berhasil menghalangi langkah Facebook.

Meski tak mendapatkan apa yang mereka inginkan, tapi dua orang kembar tersebut mendapatkan uang penyelesaian USD65 juta pada 2008.

Baca juga: Selain Smartphone, Mobil Listrik Bisa Jadi Penambang Bitcoin?

Mengutip halaman Independent, Selasa (5/12/2017), sebagian uang tersebut mereka gunakan untuk membeli bitcoin. Mereka menghabiskan USD11 juta untuk membeli bitcoin yang pada saat itu masih seharga USD120 pada 2013.

Setelah beberapa tahun berinvestasi, jumlah bitcoin yang kini dimiliki oleh mereka bedua mencapai USD1 miliar. Meski telah banyak pemilik bitcoin saat ini, namun Cameron dan Tyle Winklevoss dipercaya orang pertama yang memiliki kekayaan bitcoin senilai USD1 miliar.

Tahun lalu, Cameron dan Tyler meluncurkan layanan pertukaran mata uang digital yang disebut Gemini. Layanan tersebut memungkinkan investor untuk membeli dan menjual bitcoin.

Baca juga: Nilai Tukar Bitcoin Tembus Rp128 Juta per Koin

"Kami melihat bitcoin memiliki potensi menjadi jejaring sosial untuk semua," ungkap Tyle Winklevoss dikutip dari Financial Times, 2016.

Saat ini nilai bitcoin telah melonjak tajam. Pada 29 November lalu, nilai tukarnya tercatat USD11.000 per 1 bitcoin. Kemudian pada Minggu pagi kemarin, nilainya kembali naik menjadi USD11.831 sebelum mengalami penurunan kembali.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini