Google Siapkan 10.000 "Pasukan" Perangi Ekstremisme

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017, 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 05 207 1825451 google-siapkan-10-000-pasukan-perangi-ekstremisme-wydZJKtYQR.jpg (Foto: Ubergzimo)

JAKARTA - Google akan mempersiapkan lebih dari 10.000 karyawan untuk memberantas konten bermuatan ekstremisme di YouTube. Sebanyak 10.000 "pasukan" tersebut akan disiapkan Google pada 2018 mendatang.

Hal itu diungkap oleh Susan Wojcicki, CEO YouTube, yang mengatakan bahwa layanannya telah disalahgunakan untuk menyesatkan, memanipulasi, melecehkan atau bahkan menyakiti.

Susan mengatakan, saat ini YouTube telah menggunakan teknologi pembelajaran mesin yang bisa menemukan video berisi ekstremisme. Dengan teknologi itu ia mengatakan YouTube telah menghapus 150.000 video yang dianggap relevan dengan ekstremisme.

Baca juga: Aturan Diperketat, Google Peri Peringatan Aplikasi yang Curi Data

Dikutip dari BBC, Selasa (5/10/2017), Susan juga mengungkap bahwa karyawannya telah melakukan peninjauan terhadap hampir dua juta video sejak Juni lalu.

Mereka turut membantu melatih teknologi pembelajaran mesin dalam mengidentifikasi video serupa. Dengan bantuan pembelajaran mesin (machine learning) karyawan YouTube mengaku bisa menemukan dan menghapus lima kali lebih banyak video ketimbang sebelumnya.

Susan menjelaskan bahwa karyawannya melakukan tindakan agresif guna memberantas akun dan ratusan ribu komentar negatif.

Baca juga: Google Tunjuk Startup Antar Katering Asal Indonesia ke Silicon Valley

Awal tahun ini, Google memang mengumumkan akan memberikan dana senilai USD1,3 juta untuk mendanai proyek-proyek yang membantu melawan ekstremisme di Inggris. Sementara itu YouTube juga diketahui telah mempersiapkan beberapa langkah untuk menangkalnya, termasuk penambahan kelompok kerja.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini